Pisang Berbintik & Dampaknya Bagi Kesehatan

Pisang memiliki rasa yang manis dan enak, banyak orang yang cenderung tak lagi tertarik dengan buah pisang jika kulitnya sudah mengeluarkan bintik-bintik berwarna hitam. Adanya bintik-bintik ini dianggap sebagai tanda bahwa pisang sudah mulai membusuk. Padahal, anggapan ini tidak benar adanya.
 
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pisang yang sudah berbintik-bintik ternyata memiliki nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pisang dengan berkulit mulus. Tak percaya? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, disebutkan bahwa pisang berbintik memiliki kandungan TNF atau Tumor Necrosis Factor yang mencegah perkembangan sel-sel abnormal yang bisa saja berkembang menjadi sel kanker. 
 
 
Tak hanya itu, pisang berbintik jika dikonsumsi 1 atau 2 buah per hari bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi pisang yang sudah berbintik.
 
Mencegah tekanan darah tinggi
Pisang yang kaya akan kandungan potassium dan rendah garam. Food and Drug Administration Amerika Serikat bahkan menyebutkan bahwa konsumsi pisang secara teratur akan membuat kita mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.
 
Mencegah anemia
Pisang kaya akan zat besi yang bisa mendukung pembentukan hemoglobin pada darah dan mencegah datangnya anemia.
 
 
Mencegah sembelit
Tingginya kandungan serat pada pisang bisa membantu menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.
 
Baik bagi kesehatan otak
Sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara melibatkan 200 siswa di Twickenham, Inggris, menghasilkan fakta bahwa para siswa yang rutin makan pisang saat sarapan atau jam istirahat bisa membuat mereka lebih berkonsentrasi dan menyerap pelajaran saat belajar. Kandungan potassium pada pisang inilah yang disebut-sebut bisa membantu menjaga kesehatan otak.
 
Melihat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari makan pisang, jangan ragu untuk rutin mengkonsumsinya meskipun kulitnya sudah mulai berbintik-bintik.
fhawa
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Satu pemikiran pada “Pisang Berbintik & Dampaknya Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s