Ini Alasannya Mengapa Hari Ibu Diperingati Setiap Tanggal 22 Desember

Setiap akhir tahun ditangga 22 Desember kita selalu diingatkan dengan momen spesial yakni hari ibu. Namun belum banyak yang tahu mengapa hari ibu diperingati setiap tanggal 22 di bulan desember. Nah, hari ibu sebenarnya diperingati bersamaan dengan ulang tahun Kongres Perempuan Indonesia yang berlangsung pada 22-25 Desember tahun 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran,  yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. 
 
Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Organisasi wanita ini telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. Nah, tanggal 22 desember ini diresmikan oleh Presiden Soekarno untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan diperingati untuk menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. 
 
 
Seperti apa sih perayaan hari ibu di luar negeri? 
 
1. Inggris 
 
Hari ibu di inggris disebut ” Mothering Sunday” dan diperingati sebelum hari paskah tiba. Oleh karena itu, tanggal hari ibu di inggris tidak pernah tetap. Pada hari ibu para pekerja di Inggris diberikan hari libur khusus untuk mengunjungi orang tua mereka. 
 

 
2. Amerika
 
Berbeda dengan Inggris, di Amerika hari ibu dirayakan pada hari minggu keduaa di bulan Mei. Sejarahnya adalah seorang tokoh perempuan Ann Jarvis terinspirasi oleh penyair Julia Howe yang memproklamasikan hari ibu sebagai aksi perdamaian. Di masa perang dunia, Ann Jarvis mengajak perempuan untuk bekerja demi sanitasi yang baik. Hari ini disebutnya dengan Hari Kerja Ibu. Pemilihan hari Minggu, dikarenakan hari Minggu dianggap hari yang suci.
 

 
3. India 
 
Hari ibu di India juga tidak pernah ditentukan secara nasional dan kadang mereka mengikuti gaya barat dengan merayakan hari ibu di bulan Mei. Pada hari ibu sang anak yang sudah cukup dewasa mengambil alih pekerjaan ibu, seperti memasak atau membereskan rumah. Selain itu tempat-tempat perbelanjaan juga berlomb-lomba memberikan diskon khusus untuk para ibu. 
 

 
 
4. Meksiko
 
Hari ibu di meksiko diperingati setiap tanggal 10 Mei dan mereka merayakannya dengan memakai kostum warna-warni yang meriah. Selain itu beberapa gereja juga membuat acara khusus untuk para ibu dan juga menyediakan makanan tradisional meksiko. 
 

 
Nah, kalau sahabat hawa mau kasih apa nih untuk ibu di rumah? 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s