Ini 4 Fakta Keguguran yang Wajib Bunda Ketahui

Keguguran merupakan kematian janin dalam kandungan sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Keguguran dalam bahasa medis disebut juga abortus spontan. Perdarahan dan nyeri perut adalah tanda-tanda utama dari keguguran. Sebagian keguguran penyebabnya tidak diketahui, bahkan ketika keguguran terjadi berulang. Tetapi, sebagian lagi sebenarnya bisa diketahui karena ada masalah-masalah, seperti kelainan struktur organ reproduksi, infeksi, penyakit-penyakit tertentu, hingga gaya hidup dan polusi. 
 
 
 
Nah, berikut ini fakta-fakta soal keguguran yang wajib bunda ketahui
 
 
1. Olahraga Tidak Menyebabkan Keguguran 
 
Olahraga tidak akan menyebabkan keguguran, justru membantu menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat dan bugar. Jenis olahraga yang disarankan bagi ibu hamil yang sehat adalah jalan kaki, renang, yoga, dan pilates. Untuk ibu hamil yang jarang berolahraga sebelumnya dapat memulainya dengan jenis olahraga ringan dengan perlahan. Jika bunda agak malas melakukan pilates atau renang, olahraga dengan berjalan kaki adalah pilihan yang terbaik. Karena dengan berjalan kaki dapat melancarkan peredaran darah dan menghilangkan stres. 
 

 
 
2. Aborsi Tidak Berpengaruh dengan Kehamilan Selanjutnya 
 
Jika bunda pernah melakukan aborsi maka tidak akan berpengaruh jika ingin hamil kembali. Jangka waktu ibu dapat hamil kembali tergantung pada kesiapan dan kesehatannya.
 

 
 
3. Pernah Keguguran Bukan Berarti Akan Terus Keguguran 
 
 Ibu yang pernah keguguran, pasti akan keguguran lagi pada kehamilan berikutnya itu adalah tidak benar. Sebetulnya, setiap kehamilan berisiko mengalami keguguran pada ibu yang belum pernah maupun sudah pernah mengalaminya. Hal ini karena besarnya risiko keguguran tergantung penyebabnya.
 

 
 
4. Pendarahan dan Keram Perut Bukan Berarti Keguguran 
 
Gangguan seperti keram perut dan pendarahan banyak dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya antara lain terjadi pelekatan sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim, saat plasenta tertanam dalam lapisan rahim. Nah, hal ini bukan berarti pertanda bahwa janin bunda mengalami keguguran lho.
 

 
 
Saat masa kehamilan yang paling penting adalah menjaga janin tetap sehat dan mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat
 
 
VN- Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s