5 Penyebab Promil Masih Belum Berhasil

Kehamilan adalah suatu anugrah yang dinanti pasangan, tentu bahagia rasanya satat suami istri mengetahui kabar ini. Sayangnya, tak semua pasangan bisa dengan cepat merasakan ini. Sebagaian orang butuh waktu yang cukup lama menantinya sambil melakukan usaha dalam bentuk promil. 
 
 
Semua bentuk promil dilakukan baik yang medis maupun yang tidak, namun entah mengapa kamu belum kunjung hamil. Wah, jangan-jangan ada penyebab yang membuat sulit hamil dan seringkali hal ini tidak disadari namun berdampak pada kesuburan.
 
Inilah 5 alasan mengapa sulit hamil yang sering tidak disadari pasangan yang menjalani promil. Alasan-alasan ini harus diubah agar Parents bisa segera mendapatkan momongan.
 
1. Indeks Massa Tubuh (BMI) terlalu rendah
Tubuh terlalu kurus dengan Indeks massa tubuh rendah adalah salah satu alasan sulit hamil. Indeks Massa Tubuh (BMI) yang seimbang sangat penting untuk mempertahankan kesuburan. Memiliki BMI yang rendah daripada normal bisa meningkatkan risiko disfungsi ovarium, kemandulan, dan kelahiran prematur.
 
Gangguan pola makan biasanya terkait dengan indeks massa tubuh rendah dan kadang memengaruhi menstruasi dan kesuburan perempuan. Karena itu, perhatikan dengan benar asupan nutrisi Bunda juga berat badan yang sehat sesuai tinggi badan dan BMI.
 
 
2. Olahraga berlebihan
Olahraga berlebihan menjadi salah satu alasan sulit hamil yang jarang disadari. Rajin berolahraga memang bisa meningkatkan kesuburan. Namun, olahraga berlebihan hingga membuat kelelahan bahkan sampai sakit, juga tidak baik bagi promil. 
 
Melakukan olahraga  secara berlebihan bisa memengaruhi keseimbangan energi siklus reproduksi secara negatif. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang lama dan keras setiap hari bisa memengaruhi kemampuan Bunda untuk hamil. Olahraga secukupnya agar kesehatan tetap terjaga dan tidak menimbulkan dampak negatif apapun.
 
3. Terlalu banyak mengonsumsi lemak trans
Lemak trans sering jadi alasan mengapa Bunda sulit hamil karena memengaruhi kesuburan. Mengonsumsi lemak trans, seperti yang terkandung dalam makanan cepat saji dan makanan kemasan, bisa memengaruhi kesuburan secara negatif. Akibatnya ovulasi tidak terjadi.
 
Bila Bunda sedang merencanakan kehamilan, batasilah konsumsi lemak trans yang bisa memicu terjadinya kelainan ovulasi dengan risiko sebesar 73%. Jika menginginkan karbohidrat lemak trans, lebih baik menggantinya dengan makanan ringan seperti pisang, roti gandum, kacang almond, atau yogurt dengan buah golongan berries.
 
 
4. Suami mengalami stres
Stres yang dialami suami bisa menjadi alasan sulit hamil yang luput dari perhatian istri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesuburan seorang lelaki sangat dipengaruhi oleh kondisi stres, yang bisa disebabkan oleh pekerjaan, masalah keluarga, atau kehidupan sosial. Ketidakmampuan untuk menangani stres berdampak negatif pada kualitas sperma sehingga menurunkan peluang kehamilan.
 
5. Kesalahan menghitung masa subur
Menghitung masa subur seringkali tidak akurat, walau sudah memakai perhitungan yang cermat, terutama jika memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Berkonsultasi dengan dokter mengenai masa subur  adalah cara yang tepat untuk mengetahui kapan ovulasi terjadi.
 
fhawa
 

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s