Jangan Bingung, Ini 4 Cara Mengedukasi Anak Tentang Menstruasi

Di negara kita masih banyak para orangtua yang masih enggan atau tabu mengedukasi anak soal pubertas. Sedangkan salah satu tanda pubertas pada anak perempuan adalah datangnya menstruasi . Namun, masih banyak orangtua yang tidak kepikiran untuk mengajarkan anak tentang masa pubertas. Kalau bunda masih bingung bagaimana cara mengenalkan anak tentang menstruasi, yuk simak tips berikut dari Hawa
 
 
 
1. Jelaskan Pada Waktu yang Tepat 
 
Sebelum mengenalkan anak tentang menstruasi, ada baiknya diwaktu yang tepat, dimana saat umur Si kecil sudah mendekati masa menstruasi. Misalnya saat anak kelas 5 atau 6 sekolah dara. Karena pada umumnya menstruasi akan datang saat umur anak 11-13 tahun.
 

 
 
2. Perkenalkan Pembalut 
 
Pertama kali mungkin anak akan aneh melihat pembalut, namun bunda harus menjelaskan apa itu pembalut dan bagaimana cara menggunakannya. Biarkan anak membuka pembungkusnya dan tahu seperti apa bentuk pembalut, mengapa punya sayap dan bagaimana cara memakainya. Selain itu bunda juga harus mengedukasi mereka bagaimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi. 
 

 
 
3. Jelaskan secara sederhana atau dengan perumpamaan
 
Pertanyaan pertama yang akan timbul dari Sang anak adalah kenapa darah bisa keluar dari vagina. Bunda tidak perlu gugup atau sibuk mencari buku-buku tentang menstruasi. Jelaskan kepada anak secara sederhana atau dengan perumpaaan. Misalnya ” Darah yang keluar dari vagina berarti menandakan kamu sudah deasa. Selain itu menstruasi juga menandakan kamu sehat dan normal” 
 

 
 
4. Persiapkan Si kecil menghadapi menstruasi pertamanya 
 
Pertama kali mengalami menstruasi reaksi setiap anak berbeda-beda, ada yang takut, menangis, biasa saja dan juga  aneh. Nah, bunda harus mengajarkan bagaiman anak menghadapi menstruasi dengan tenang. Selain itu ajarkan dia bagaimana cara memasang pembalut dengan benar dan perubahan fisik yang akan terjadi jerawat, payudara membesar, dan tumbuhnya bulu-bulu halus di bagian tubuh tertentu.
 

 
Nah, bagaimana bunda sudah ada bayangan kan bagaimana cara menjelaskannya ke Si buah hati? 
 
VN-Hawa 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s