Ini Fakta Tersembunyi Tentang Menstruasi yang Bikin Kamu Terkejut

Masa menstruasi memang akan membuat wanita mengalami beberapa kondisi fisik maupun psikologis yang aneh dan unik. Beberapa gejala umum yang dialami wanita adalah kram perut, mood yang berubah-ubah, pusing, mual dan lain sebagainya. Namun ada beberapa fakta tersembunyi tentang menstruasi yang belum banyak wanita ketahui lho. Apa saja? 
 
 
 
1. Wanita tetap Bisa Hamil Meski Sedang Menstruasi 
 
Kemungkina hamil saat berhubungan seks di saat menstruasi memang kemungkinannya kecil. Namun bukan berarti kamu tidak akan hamil lho. Hal ini dikarenakan tidak semua wanita memiliki siklus yang berlangsung selama 28 sampai 32 hari.  Diketahui, seorang wanita dengan siklus yang lebih singkat (misalnya 24 hari), bisa mengalami menstruasi yang berlangsung selama 7 hari. Berhubungan seks pada hari terakhir menstruasi wanita akan berovulasi tiga hari kemudian. Nah, sperma bisa hidup selama tiga sampai lima hari dan wanita tentunya masih bisa tetap hamil. 
 

 
 
2. Ovulasi dan Masa Subur Bisa Kamu rasakan 
 
Saat ovulasi atau masa subur yang mengacu pada siklus menstruasi bisa kamu rasakan lho. Gejala yang terjadi pada saat masa subur yakni nyeri payudara, kenaikan suhu tubuh hingga peningkatan cairan vagina. Namun, ada sebagian wanita yang mungkin tidak memahami bahwa ia sedang mengalami ovulasi. Salah satu tanda ovulasi lainnya yang tidak banyak disadari banyak orang adalah terjadi nyeri perut di bagian bawah. 
 

 
 
3. Saat Menstruasi Kamu Kehilangan Darah Sebanyak Setengah Cangkir 
 
Wah…ternyata saat menstruasi kamu akan kehilangan darah sebanyak 2 sendok makan hingga setengah cangkir lho. Namun perlu diketahui,  jika kamu mengalami kehilangan darah sebesar cangkir atau lebih mungkin ini menandakan terdapat masalah yang serius pada menstruasimu dan ada baiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis. 
 

 
4. Saat Menstruasi Tubuh Memerlukan Lemak
 
Jika lemak tubuh  merosot di bawah 8 – 12%, maka menstruasi tiba-tiba akan berhenti. Sel-sel lemak berkorelasi dengan tingkat estrogen perempuan dan diperlukan saat menstruasi dan prokreasi.
 
 

 
 
Sahabat hawa adakah yang pernah mengalami fakta di atas? 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s