Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui

Masalah menstruasi yang terjadi pada wanita memang bermacam-macam, dari mulai kram perut, nyeri pinggang, tidak nafsu makan dan juga warna darah menstruasi yang berbeda-beda. Darah menstruasi yang keluar dari rahim wanita setiap bulannya memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda. Hasil dari sel telur yang meluruh karena tidak terjadi pembuahan ini dapat menghasilkan warna merah terang, kecokelatan hingga hitam, serta dapat bertekstur tipis atau sangat tebal. Berikut ini arti warna darah menstruasi yang perlu kamu ketahui
 
1.Merah terang
 
Darah yang baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung ringan dan teratur.
 

 
2.Merah gelap
 
Menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama disimpan dalam rahim dan baru keluar sekarang. Biasanya, darah dengan warna demikian terjadi saat wanita bangun tidur.
 

 
3.Kecokelatan maupun kehitaman
 
Menandakan adanya darah tua. Para wanita yang mengalami darah ini biasanya mengalaminya mendekati akhir  periode menstruasi dengan aliran darah yang tidak deras. Wanita dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur juga cenderung mengalami darah menstruasi dengan warna demikian. 
 

 
4.Oranye 
 
Warna yang timbul karena darah bercampur dengan cairan dari serviks. Selain itu, warna oranye juga dapat mengindikasikan adanya infeksi. Jika darah oranye terus terjadi dengan adanya gejala kesehatan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.
 

 
Sumber: Meetdoctor