Sukseskan Promilmu dengan 10 Makanan Super Ini

Mungkin bagi sebagian pasangan yang mengikuti promil dari dokter akan diberikan sejumlah obat-obatan yang bisa menunjang kesuburan baik si istri atau suami. Tapi tak hanya oleh dokter lho, program hamil sebenarnya juga bisa kamu lakukan secara manual tanpa harus mengkonsumsi obatan-obatan kimia. Apalagi jika harus ditambah dengan asupan berupa suntik. Selain menguras waktu tentu tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. 
 
Nah, bagi kamu yang sedang mencoba untuk hamil dan tidak mengikuti program dokter. Kamu bisa kok mulai mencoba untuk mengkonsumsi beberapa asupan gizi yang baik untuk wanita yang ingin hamil berikut diantaranya dilansir dari programhamil.com.
 

 
1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah makanan ajaib pendongkrak kesuburan.Data penelitian menemukan bahwa wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani, 39% lebih sulit untuk hamil. Sebaliknya, wanita yang banyak mengkonsumsi protein nabati, tidak mengalami kesulitan untuk hamil. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat kaya. Jadi, cobalah menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan dalam menu makanan sehari-hari Anda
 
2. Es Krim
Anda suka makan es krim? Bagus. Satu atau dua porsi asupan susu atau produk berbasis susu lainnya (termasuk es krim) per-hari akan sangat bermanfaat bagi kesuburan Anda serta membantu proses ovulasi dalam tubuh seorang wanita. Es krim yang kami maksud BUKAN es krim low-fat (rendah lemak). Susu skim dan susu rendah lemak justru memberi dampak yang sebaliknya, yaitu menghambat kesuburan Anda. 
3. Sayuran berdaun hijau gelap
Bayam, brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan kandungan folat, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan proses ovulasi secara signifikan.  Mintalah pasangan Anda untuk mengkonsumsi sayuran hijau juga. Pria yang mengkonsumsi folat dalam jumlah yang cukup, akan memiliki sperma yang lebih sehat. Selain itu, asupan folat juga membantu mengurangi masalah keguguran dan problem genetik pada bayi. Pria yang mengkonsumsi folat dalam jumlah banyak, akan terhindar dari memproduksi sperma yang abnormal.
 

 
4. Roti gandum
Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat olahan, sehingga sangat membantu untuk menjaga kadar gula darah (dan kadar insulin) tetap stabil. Apa hubungan hal tersebut dengan kesuburan Anda? Tingginya kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi. Ketika kadar gula darah seorang wanita tinggi, ia 50% lebih sulit untuk hamil dibanding wanita dengan kadar gula darah yang normal. Kalau Anda sedang dalam program hamil, pilihlah roti berwarna gelap dibanding roti putih. Pilihlah beras merah dibanding beras putih biasa.
 
5. Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh (radang dapat mengganggu ovulasi, pembuahan dan perkembangan embrio tahap awal). Gunakan minyak zaitun untuk salad atau untuk memasak sebagai pengganti mentega atau minyak goreng biasa.
 
6. Pisang
Nutrisi penting pisang: Vitamin B6 Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam pembuahan karena vitamin ini berfungsi mengatur hormon.Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan sperma dan sel telur terganggu.
 
7. Kerang-kerangan
Penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan kadar estrogen yang abnormal, yang mana dapat mengganggu implantasi telur ketika dibuahi. Vitamin B12 juga dapat membantu memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur, sehingga mengurangi risiko keguguran.
 

 
8. Telur
Sebuah penelitian di Universitas Yale mengukur kadar Vitamin D dari 67 orang wanita yang mandul dan menemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D yang normal, sedangkan 93% lainnya menderita kekurangan vitamin D. 
 
9. .Buah jeruk
Sebuah penelitian dimana pria yang tidak subur diberi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari, menemukan bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar ke arah telur) meningkat. 
 
10. Tahu Tempe dan Ikan Salmon
Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan zat besi sangat beresiko menderita kegagalan ovulasi dan telurnya tidak cukup sehat, sehingga bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 60%. Sedangkan pada ikan salmon Selenium menghasilkan antioksidan yang melindungi telur dan sperma dari radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah kerusakan kromosom, yang mana diketahui dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran.
Selain itu yang tidak kalah penting adalah kamu dan suami juga harus memeriksakan kesehatan organ intim masing-masing untuk memastikan tidak terdapat masalah kesuburan.

Yuk gabung bersama komunitas Hawa dan dapatkan tips tentang wanita lainny di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play dan App Store sekarang!

 

hawa promo blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s