5 Persiapan Menyusui Buat Mamah Muda

Kebahagiaan seorang ibu adalah jika bisa memberikan ASI eksklusif untuk Sang buah hati tercinta. Karena asupan paling baik bagi seorang bayi adalah mendapatkan air susu ibu. Namun, bagi ibu muda yang belum berpengalaman memiliki anak, pasti akan terasa membingungkan bagaimana cara menyusui bayi dengan benar. Nah, berikut ini tips mempersiapkan menyusui buat Si mamah muda
 
1. Menjaga Kebersihan Puting 
 
Jangan membersihkan puting dengan menggosoknya terlalu keras, karena hanya akan melukai puting dan menyakitkan saat proses menyusui.  Puting susu dipercaya akan lebih kuat dan padat bila dibersihkan dengan menggunakan handuk ataupun spons kasar. Tapi pendapat ini salah. Justru puting seharusnya lembut dan nyaman untuk diisap bayi. 
 
2. Memperhatikan Asupan Nutrisi.
 
Seperti diketahui, asupan nutrisi saat kehamilan sangat penting bagi pertumbuhan janin. Sebuah penelitian menunjukkan, pola makan saat kehamilan akan memengaruhi kemungkinan anak mengalami obesitas, diabetes, atau sakit jantung di kemudian hari. Nutrisi yang perlu mendapat perhatian ibu hamil antara lain asam folat sekitar 400 mikrogram per hari. Selain itu, ibu hamil perlu memperhatikan asupan protein ekstra hingga mencapai total 70 gram protein per hari dan zat besi lebih banyak 50% dari kebutuhan umumnya. Juga diperlukan asupan kalsium dan DHA yang cukup selama hamil untuk memenuhi kebutuhan janin.
 
3. Membeli perlengkapan menyusui sesuai kebutuhan
 
Meski tidak wajib, namun beberapa perlengkapan menyusui dapat mempermudah proses ini. Bra khusus menyusui merupakan salah satu hal yang dapat dibeli sejak masa akhir kehamilan. Bra tersebut umumnya berukuran besar sehingga dapat mendukung payudara yang dipenuhi ASI. Bra menyusui juga memiliki bagian depan, semacam jendela, yang dapat mempermudah proses menyusui bayi nantinya. Selain itu, persiapkan baju dengan kancing depan untuk menyusui. Bantal menyusui juga banyak dimanfaatkan untuk membuat bayi tetap nyaman saat menyusui, sekaligus mencegah rasa sakit pada leher atau bahu pada ibu.
 
4. Mempersiapkan pasangan untuk mendukung proses menyusui.
 
Menyusui tidak sekedar hubungan antara ibu dan bayi. Suami yang kelak akan menjadi Ayah ASI, merupakan faktor penting yang turut menentukan kesuksesan proses menyusui. Ibu menyusui yang mendapat dukungan pasangannya, kemungkinan akan menyusui lebih lama.
 
5. Melakukan Teknik Relaksasi
 
Teknik relaksasi dengan mengatur pernapasan dapat bermanfaat pada ibu hamil untuk proses menyusui. Umumnya pada masa-masa menyusui, ibu harus memiliki ketenangan ekstra untuk menenangkan bayi yang lapar dan menuntunnya untuk mendapat air susu ibu (ASI).
 
 
Nah sahabat Hawa, mempersiapkan diri dengan baik saat hamil diharapkan dapat memperlancar proses menyusui kamu. Selain itu, konsultasi dengan bidan atau dokter untuk informasi lebih lanjut.
 
 
Sumber: Alodokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s