Yuk, Memahami Kehamilan di Usia Muda

Bagi seorang perempuan, kehamilan adalah sebuah anugerah besar karena tidak semua orang diberi kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Namun, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kehamilan memiliki berbagai risiko baik bagi janin maupun bagi ibu.

Kehamilan di usia muda merupakan salah satu hal yang meningkatkan risiko. Usia kehamilan yang ideal berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika adalah antara usia 20-35 tahun. Kehamilan pada usia belasan tahun disebut “teen pregnancy” atau kehamilan di usia remaja. Kehamilan yang terlalu dini sebaiknya dihindari karena faktor berikut seperti yang telah dirangkum oleh HAWA :

 

  1. Krisis Emosional

Kehamilan di usia muda, terutama pada kasus yang tidak diinginkan menyebabkan krisis emosional akut bagi remaja yang terhitung masih anak-anak pula. Istilah yang sering digunakan adalah “child bearing a child” di mana si ibu pun masih memiliki tingkat emosional yang masih labil. Tidak jarang berakhir dengan aborsi atau keinginan bunuh diri.

  1. Kecenderungan yang Tidak Baik

Seorang remaja yang hamil seringkali belum memahami permasalahan apa yang akan dihadapi sebagai seorang ibu. Kehamilan di usia remaja juga akan menghambat pendidikan yang pada akhirnya menghancurkan cita-cita. Penelitian membuktikan bahwa anak perempuan yang dilahirkan dari ibu usia remaja cenderung memiliki pendidikan yang rendah dan cenderung untuk mengulangi kejadian yang sama. Sedangkan anak laki-laki yang dilahirkan oleh ibu remaja cenderung memiliki tingkat kenakalan bahkan kejahatan yang lebih tinggi dibandingkan anak yang dilahirkan oleh ibu dengan usia matang.

  1. Gangguan Perkembangan

Berbagai fungsi tubuh ibu belum berkembang dengan sempurna karena usia yang masih sangat belia. Berbagai sumber menyebutkan bahwa terjadi perebutan kebutuhan kalsium dalam tubuh ibu yang hamil di usia sedemikian muda dengan bayinya. Dengan demikian sang ibu akan lebih mudah mengalami keropos tulang dan perkembangan janin yang kurang baik.

Nah, dari sisi kesehatan dan emosional hamil di usia muda juga banyak risikonya. Bagaimana menurut sahabat HAWA?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s