Bahaya dan Solusi Penggumpalan Darah Saat Menstruasi

Sahabat Hawa, setiap wanita tentu memiliki permasalahan yang berbeda kala menghadapi haid. Diantara banyaknya masalah yang muncul persoalan tentang darah menggumpal menimbulkan kecemasan yang sangat mengkhawatirkan perempuan. Nah, sebenarnya apa penyebab hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya ?

1. Perubahan hormonal

Hormon estrogen serta progesteron punya pengaruh pada siklus menstruasi yakni dalam pembentukan selaput dinding rahim. Bila ke-2 hormon ada dalam komposisi seimbang jumlah darah serta saat haid bakal normal. Tetapi bila komposisi ke-2 hormon itu tak seimbang bisa terjadi pembentukan dinding rahim yang tidak tipis serta yang berlebih. Tebalnya dinding rahim ini bakal bikin darah haid yang keluar sejumlah amat banyak serta bergumpal-gumpal.

2. Fibroid

Pada sebagian wanita yang mempunyai fibroid didalam rahimnya. Fibroid pada umumnya menyebabkan pendarahan yang semakin banyak, lebih lama serta dibarengi dengan gumpalan-gumpalan darah. Fibroid yang ada di rahim ini umumnya tak menyebabkan keluhan serta tanda-tanda sepanjang pertumbuhannya.

3. Keguguran

Jika terjadi pembuahan serta janin dalam kandungan tak dapat bertahan, janin bakal di keluarkan dari rahim lewat vagina berbentuk darah encer serta gumpalan darah yang jumlahnya amat banyak. Darah akibat keguguran amat khas, yakni terdapat banyak gumpalan-gumpalan berwarna abu-abu sampai merah hati.

4. Mioma uteri

Mioma atau tumor jinak yang ada di uterus bakal memperluas permukaan endometrium. Hal semacam ini menyebabkan rasa nyeri ketika menstruasi serta bikin darah haid yang keluar jadi semakin banyak serta bergumpal.

5. Adanya Adenomiosis

Adenomiosis adalah perubahan yang terjadi pada otot rahim yang menyebabkan pembengkakan serta mengganggu kontraksi otot rahim. Hal ini mengakibatkan darah haid keluar dengan menggumpal dan teramat banyak.

Perlu diketahui bahwa gumpalan darah yang berlebihan saat menstruasi adalah tanda adanya gangguan dibagian rahim. Jika terjadi hal-hal seperti diatas, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah konsultasi kepada dokter ya sahabat Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s