Rasakan Dulu 8 Hal Ini Sebelum Menikah

Setelah perjalanan panjang, akhirnya kamu dan pasangan sebentar lagi sampai di pelaminan. Di balik pasangan suami-istri adalah dua orang yang telah melalui banyak hal sebelum mereka benar-benar siap untuk menikah. Sahabat Hawa sadar tidak, sebelum kamu menikah, kamu harus memiliki banyak pengalaman hidup? Ada banyak sekali pengalaman yang bisa menjadi daftar checklist kamu sebelum menikahi pasangan. Oleh karena itu, jangan mau menikah dulu sebelum kamu melakukan hal-hal ini.

  1. Patah Hati dan Mempelajari Hikmahnya

Mengalami patah hati berkali-kali dan belajar untuk mengatasinya adalah keahlian yang sangat dibutuhkan sebelum menemukan pasangan terbaik. Setelah kamu belajar dari masa lalu, kamu bisa mencegah kesalahan yang sama terulang lagi dalam kehidupan rumah tanggamu.

 get-over-a-break-up

  1. Jatuh Cinta Lebih Dari Sekali

Siapa bilang kamu hanya jatuh cinta satu kali? Sebelum kamu bertemu orang yang tepat, kamu harus mencari tahu seperti apa pasangan yang tepat untukmu melalui semua hubunganmu yang pernah gagal. Tidak ada yang salah dengan jatuh cinta berkali-kali selama itu mengarahkanmu ke hubungan yang terbaik.

  1. Membuat Batasan Kompromi

Pernikahan membutuhkan kompromi. Tetapi, kompromi juga ada batasnya. Kamu tentu memiliki sesuatu yang tidak bisa kamu kompromikan dengan pasangan. Pasangan pasti memiliki hal yang sama. Sebelum kalian menikah, komunikasikan dulu dengan jelas batasan-batasan tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

  1. Meluangkan Waktu Sendiri

Semakin kamu nyaman dengan kesendirian, pasangan akan merasa lebih nyaman denganmu. Selain itu, jangan biarkan pernikahan menghapus jati dirimu. Banyak sekali pasangan yang kehilangan kehidupan pribadinya setelah berumah tangga. Jangan sampai hal itu terjadi padamu. Terus luangkan waktu sendiri untuk melakukan apa saja selayaknya saat kamu masih single.

 

$_32

  1. Pahami Semua Konsekuensinya

Masih banyak pasangan yang menikah buru-buru tanpa mengetahui semua konsekuensinya. Pernikahan tidak hanya bermodalkan cinta, kamu juga harus membicarakan masalah yang cukup berat seperti finansial, kesehatan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Sanggupkah kalian menikah dengan segala hal yang kalian miliki saat ini?

  1. Fokus Ke Karir

Baik laki-laki maupun perempuan, kalian harus memiliki karir yang memuaskan sebelum memutuskan untuk menikah. Banyak orang yang meremehkan poin ini, karena kelihatannya mengejar karir dan ambisi tidak akan ada habisnya. Berilah target karir yang ingin kamu capai sebelum menikah dan tentukan waktu yang harus kamu tepati untuk mengejar ambisimu tersebut.

 

GettyImages-522795467-57aa8ef73df78cf459e8e8cd

  1. Cari Tahu Alasan Kamu Ingin Menikah

Apakah kamu benar-benar mencintai pasangan atau hanya ikut-ikutan teman yang sudah menikah? Apakah alasanmu untuk menikah sudah sejalan dengan alasan dari pasanganmu? Jangan sampai kalian menikah dengan alasan yang berbeda. Cari tahu dulu alasan sebenarnya mengapa kamu menginginkan pernikahan, agar kamu tidak menyesali keputusan besarmu ini di masa depan.

  1. Fokus Meningkatkan Kedewasaan Diri

Kenali diri sendiri. Kenali kelebihan dan kekuranganmu. Apa yang kamu lakukan saat kamu sedang kesal/sedih/marah? Bagaimana responsmu saat kalian sedang bertengkar? Apakah kamu memiliki kebiasaan atau sikap buruk yang bisa merugikan dan menyakiti pasanganmu? Perbaiki terus dirimu hingga kamu benar-benar merasa mantap untuk menikahi pasangan.

Pernikahan bukanlah tren atau sesuatu yang bisa kamu sepelekan. Pernikahan membutuhkan kedewasaan dan kemantapan diri dari segala sisi agar kamu bisa menciptakan rumah tangga yang berkualitas.

 

Yuk gabung bersama komunitas Hawa dan dapatkan tips tentang wanita lainny di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play dan App Store sekarang!

 

masa-subur promo

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s