Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingya Mengetahui Siklus Menstruasi

Seperti yang sahabat hawa ketahui, pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya. Oleh sebab itu siklus menstruasi kita setiap bulannya akan berbeda-beda, misalnya maju atau mundur beberapa hari. 
 
Nah, sahabat hawa selalu rutin mencatat siklus menstruasi setiap bulan nggak nih? Karena mengetahui siklus mentsruasi kamu setiap bulan itu penting banget lho, Kenapa? 
 

 
1. Kamu Akan Tahu Siklus Menstruasi Kamu Lancar atau Tidak 
 
Di kalender Haw kamu memang tidak perlu repot menghitung siklus menstruasi kamu setiap bulanya. Tapi, kamu wajib mengetahui dan rutin mengecek kalender hawa untuk mengetahui siklus menstruasi dan kondisi mood dan fisik kamu selama menstruasi. Hal tersebut penting, karena kamu wajib tahu kondisi tubuhmu sendiri
 
 
2. Mendeteksi Penyakit
 
Mengetahui teratur atau tidaknya siklus menstruasi itu sangat penting, karena kamu akan tahu seberapa lancar atau tidak jadwal menstruasi kamu setiap bulan. Dengan begitu kamu juga bsia memprediksi ada atau tidak gangguan dalam organ kewanitaanmu jika siklus menstruasi kamu tidak teratur. Misalnya, di kalender Hawa sudah tertera bahwa kamu sudah waktunya menstruasi, namun kenyataannya menstruasi tak kunjung datang. Nah, jika ini terjadi kamu bisa segera memeriksakan kondisi ke dokter. 
 
 
3. Bisa Mempersiapkan Segala Sesuatu
 
Dengan terus memantau atau mengetahui siklus menstruasi kamu di kalender Hawa, kamu jadi bisa merencanakan segala sesuatu. Misalnya, jika bulan depan atau minggu depan kamu merencanakan ingin traveling, tentunya kamu bisa mengatur waktu agar tidak bepergian ketika sedang menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan segala kebutuhan seperti obat-obatan penghilang rasa sakit, jika kamu harus bepergian ke luar rumah disaat menstruasi. 
 
 
Bagaimana sahabat hawa. kamu rutin nggak nih cek tanggal menstruasi kamu setiap bulan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s