Fakta-fakta Bayi Tabung yang Perlu Kamu Ketahui

Sahabat Hawa, banyak cara yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mendapatkan anak. Apabila cara konvensional dianggap kurang berhasil, bahkan sulit dilakukan karena masalah medis tertentu, beberapa pasangan memutuskan untuk mengikuti metode IVF ( in vitro fertilization), atau program bayi tabung.

Meskipun kita sering mendengar tentang program ini, tetapi sebetulnya masih banyak yang kurang memahami serba-serbi metode ini. Nah, ingin tahu lebih dekat tentang program bayi tabung atau IVF? Ini dia fakta-faktanya:

  1. Banyak yang menggunakan pil KB

Proses bayi tabung tidak dimulai begitu saja. Dokter harus mempersiapkan ovarium untuk proses pre-stimulasi. Nah, dalam proses ini, banyak wanita yang disarankan untuk mengonsumsi pil KB guna mengurangi kemungkinan kista, dan sinkronisasi folikel telur. Tetapi, hal ini tergantung anjuran dokter.

  1. Sel telur diambil

Tidak hanya sperma suami, sel telur istri pun juga diambil untuk proses pembuahan. Sebelumnya, sel telur istri distimulasi agar subur dengan metode tertentu, dan ketika telah siap, sel telur istri diambil. Untuk itu, tak mengherankan apabila proses ini memerlukan waktu, karena kita tidak bisa asal mengambil sel telur dari dalam tubuh istri.

Pasalnya, sel telur harus diambil sebelum sampai ke bagia follicles di ovarium. Tidak boleh terlambat atau terlalu cepat karena tidak akan berkembang. Tak mengherankan bahwa obgyn yang menangani proses IVF adalah mereka yang telah profesional.

  1. Memasukkan kembali ke rahim istri

Pada saat mengambil sel telur dari istri, sperma suami pun juga diambil dan kemudian diproses bersama sel telur istri. Setelah embrio dari kedua sel tersebut siap, maka embrio itu dimasukkan ke dalam rahim istri dengan kateter yang dimasukkan melalui vagina.

Usai memasukkan embrio, ibu hamil harus beristirahat di tempat tidur supaya pembuahan berhasil. Setiap dua minggu dilakukan tes kehamilan pada ibu hamil.

  1. Biaya puluhan juta

Bayi tabung memang merupakan sebuah metode yang terbilang cukup mahal. Pasalnya, harga rata-rata metode bayi tabung di rumah sakit berkisar 70 jutaan. Memang ada beberapa rumah sakit yang menyediakan IVF dengan harga yang cukup murah, tetapi itu pun tetap dalam rentang 40 jutaan.

Meski begitu, banyak pasangan yang tetap mengambil langkah ini, demi keberadaan buah hati dalam rumah tangga mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s