Duh! Ini 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rahim

Gaya hidup dan pola makan yang ‘acak-acakkan’ tanpa disadari akan membuat kondisi kesehatan kamu terganggu. Apalagi buat sahabat hawa yang sedang program hamil, dimana asupan gizi dan pola makan sangat penting untuk diperhatikan. Makanan tidak sehat serta gaya hidup yang tidak baik berpotensi bisa ‘merusak’ rahim kamu lho. Seperti 5 kebiasaan buruk di bawah ini yang memperkecil peluang kamu untuk hamil.
 
 
1. Merokok 
 
Sebuah studi menyebutkan bahwa risiko gangguan kesuburan pada wanita usia reproduksi yang merokok, 60% lebih tinggi daripada mereka yang tidak merokok. Hal ini dikonfirmasi melalui sebuah studi lain yang menemukan bahwa peluang hamil wanita yang merokok kurang dari 10 batang per hari lebih tinggi (52,2%) daripada wanita yang merokok 10 batang atau lebih per hari (34,1%). Dari hasil studi-studi tersebut disimpulkan bahwa rokok membuat lingkungan rahim kurang kondusif untuk hamil. Salah satu alasannya, yakni merokok akan menurunkan aliran darah ke rahim. Masih mau merokok? 
 

 
 
2. Pola Makan Tidak Sehat
 
Junk food serta makanan berpengawet lainnya sebaiknya kamu kurangi dari sekarang ya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka keguguran pada wanita yang mengalami obesitas 31% lebih tinggi daripada wanita dengan berat badan normal. Risiko keguguran berulang juga lebih tinggi pada wanita dengan berat badan berlebih. Terlebih saat ini banyak sekali makanan tinggi kandungan gula serta perasa buatan atau MSG. 
 

 
 
3. Seks Bebas 
 
Melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu pasangan akan meningkatkan risiko penyakit menular seksual.  Salah satu tanda yang sering yaitu keputihan yang berbau dan gatal. Kadang juga disertai dengan rasa tidak nyaman di dalam vagina atau nyeri saat berhubungan intim.
Penyakit menular seksual dapat berlanjut menjadi penyakit radang panggul dan radang rahim (endometritis) yang selanjutnya, kedua kondisi ini dapat menyulitkan terjadinya kehamilan serta meningkatkan risiko kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik). Risiko lain akibat penyakit menular seksual yaitu kanker serviks. 
 

 
 
4. Kebiasaan Minum Alkohol 
 
Konsumsi alkohol yang berlebihan diketahui dapat menurunkan angka implantasi, sehingga meningkatkan risiko keguguran spontan dan kematian janin. Peluang kehamilan pun dapat menurun hingga 50%. Konsumsi alkohol sebaiknya tidak lebih dari 2 unit per hari atau setara dengan 150 ml wine dan 500 ml bir.
 

 
Jadi, bila kamu sedang mencoba untuk memiliki keturunan, coba evaluasi terlebih dulu kebiasaanmu selama ini. Adakah kebiasaan-kebiasaan yang merusak rahim wanita, yang membuat peluang kehamilan kamu menurun? Jika ya, segera ubah gaya hidup tersebut ke gaya hidup yang lebih sehat ya
 
 
 
Sumber: Klikdokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s