Enggak Bisa ‘Lepas’ Dari Ponsel? Ini Dampak Buruknya!

Ponsel memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Segala aktivitas kita nampaknya dipermudah dengan bantuan ponsel. Mulai dari aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan hingga hiburan keluarga.  Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa ponsel memiliki radiasi yang cukup berbahaya. Bahkan menurut data yang dilansir dari WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik dan dapat mempengaruhi saraf manusia lho.  Dalam jangka pendek, penggunaan ponsel yang berlebihan dapat membuat kita meras pusing dan membuat penglihatan memburuk. Sementara itu dalam jangka panjang, penggunaan ponsel secara ekstrem dapat menyebabkan kanker.
 
Untuk itu, yuk kenali bagaimana cara menghindarkan diri kita dari dampak buruk penggunaan ponsel? 
 
 
1. Menjauhkan ponsel saat tidur
 
Seringkali Anda lupa untuk menjauhkan ponsel saat tidur. Mungkin terbiasa bermain ponsel sebelum tidur atau mungkin sekadar memastikan alarm dapat terdengar. Namun meskipun tidak dimainkan, ponsel yang menyala tetap menimbulkan radiasi lho.
 
Untuk itu, jauhkan ponsel saat tidur. Tak perlu terlalu jauh. Bisa letakkan ponsel Anda di meja, yang penting tidak bersebelahan persis dengan Anda saat tidur. Atur nada alarm dengan volume maksimal agar tetap terdengar.
 
2. Batasi bermain ponsel saat charging
 
Jangan terlalu berkutat dengan ponsel, terutama saat proses charging atau pengisian baterai karena radiasinya semakin tinggi. Saat proses pengisian, gunakan Airplane Mode atau bahkan matikan ponsel, dan jangan digunakan. Selain baik untuk kesehatan, baterai pun bisa lebih tahan lama.
 
3. Sandaran saat bermain ponsel
 
Seringkali kita menunduk saat bermain ponsel. Nah, kebiasaan ini buruk lho bagi mata dan punggung. Selalu bersandar dan duduk dengan posisi 90 derajat saat bermain ponsel ya, agar minus mata tidak bertambah dan punggung pun tidak pegal.
 
4. Jangan ketergantungan!
 
Gunakan ponsel seperlunya saja. Ini sangat penting tapi sering kita lupakan. Jangan terlalu berkutat dengan hiburan pada ponsel. Luangkan saja waktu untuk mencari hiburan di dunia nyata. Misalnya, menonton TV, bermain dengan anak, atau bersenda gurau dengan teman dan keluarga. 
 
 
Pentingnya kesehatan memang di atas segalanya. Oleh karena itu, sahabat Hawa jangan sampai lupa mematikan ponsel ketika tidur ya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s