Mumpung Masih Muda, Ini Perawatan Penting Usia 20!

Halo sahabat Hawa!! Siapa yang mau wajah segar bersinar? Pasti semua pasti mau untuk terlihat selalu cantik dan segar ya. Banyak dari sahabat Hawa yang masih mengandalkan pulasan makeup untuk tampil cantik tanpa menyadari pentingnya perawatan wajah.

Padahal makeup tidak akan menempel dengan baik jika kulit wajah tidak sehat. Nah, kali ini aku mau berbagi 5 perawatan kulit wajah untuk perempuan usia 20 tahun ke atas. Disimak sama-sama yuk!

 

  1. Double Cleansing

Setelah beraktifitas seharian, jangan lupa ya untuk membersihkan wajah dengan baik. Seringkali mencuci wajah dengan sabun pembersih saja tidak cukup lho. Terkadang sisa-sisa makeup atau skincare masih tertinggal di kulit kita. Caranya dengan mencoba double cleansing, yaitu melakukan dua langkah pembersihan wajah.

Biasanya tahap pertama wajah dibersihkan dengan cleansing lotion (susu pembersih) atau cleansing oil. Pijat secara perlahan untuk benar-benar membersihkan semua makeup dari kulit wajah (dan leher). Hapus pembersih dari wajah dengan menggunakan kapas atau tissue halus baru kemudian menggunakan sabun pembersih wajah. Jika kulit kamu cenderung kering, pilihlah sabun yang bertekstur creamy dibanding yang foamy untuk tetap menjaga kelembaban kulit kamu.

 

  1. Sunscreen

Salah satu tahap skincare yang paling penting nih sahabat Hawa, yaitu pemakaian sunscreen alias tabir surya. Proses penuaan dikarenakan paparan sinar matahari itu baru akan terlihat setelah 10-15 tahun ke depan, namun efeknya sangat buruk bagi kulit. Tidak mau kan kulit kamu mengalami pigmentasi berlebih atau kerutan-kerutan dini?

Aplikasikan sunscreen setiap hari sebelum meninggalkan rumah dengan perlindungan minimal SPF 30++ (UVA dan UVB Protection). Biasanya kita suka malas mengaplikasikan sunscreen karena biasanya tekturnya terlalu pekat dan suka lengket di kulit. Tapi sahabat Hawa tidak usah khawatir karena seiring perkembangan teknologi, tekstur sunscreen juga sudah berubah. Kamu bisa pilih yang water based atau gel based kalau tidak mau yang terlalu lengket di kulit. Jangan lupa untuk pengaplikasian kembali atau retouch sunscreen kamu jika kamu banyak beraktifitas di luar ruangan sepanjang hari ya.

 

  1. Hydrating Moisturizer di Malam Hari

Untuk sahabat Hawa yang masih berusia 20an, terkadang masih suka enggan menggunakan moisturizer atau pelembab di malam hari. Padahal pelembab itu penting lho untuk tetap menjaga kekenyalan kulit dan mencegah penuaan dini. Pada saat malam hari kulit kita juga perlu hidrasi lho, apalagi kalau kamu tidur dalam ruangan berAC. Kalau biasanya untuk siang hari kita mencari moisturizer yang ringan agar tidak lengket atau tidak membuat wajah terasa berat, di malam hari sebelum tidur lebih cocok untuk memilih pelembab yang agak berat sedikit. Pastikan pelembab tersebut dapat menghidrasi kulit kamu dengan baik tapi tidak terlalu berat untuk umur kamu. Coba deh memulai untuk mengaplikasikan pelembab di malam hari sebelum tidur. Tapi jangan lupa wajahnya dibersihkan dulu ya.

 

  1. Exfoliate, exfoliate, dan exfoliate

Pasti kamu akhir-akhir ini sering mendengar kalau kamu harus melakukan exfoliate pada kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bercahaya. Di usia 20an, eksfoliasi kulit juga penting, karena dengan eksfoliasi, kulit terhindar dari penumpukan sel kulit mati yang biasanya akan menghalangi penyerapan manfaat skincare-skincare yang kamu gunakan.

Ada berbagai macam cara untuk mengeksfoliasi kulit kamu, dengan menggunakan facial scrub atau exfoliating toner. Idealnya eksfoliasi kulit dilakukan minimal seminggu sekali, jangan terlalu sering karenan kulit kamu nanti akan terlalu tipis atau sensitif.

 

  1. No smoking dan Good Diet

Kalau kulit sudah dirawat dari luar, harus dirawat juga dari dalam dong. Smoking is a no no karena asap rokok efeknya buruk sekali untuk kulit, belum lagi kandungan-kandungan kimia yang ada dalam rokok yang bukan hanya memperburuk kondisi kulit tapi juga membahayakan kesehatan. Good diet di sini artinya bukan diet habis-habisan supaya kurus ya.

Good diet maksudnya adalah memperhatikan asupan makanan kamu. Pastikan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, mengurangi konsumsi gorengan, dan banyak minum air putih. Kalau kamu mengalami masalah jerawat yang tidak kunjung sembuh, coba deh mulai perhatikan asupan makanan kamu sehari-hari, mungkin saja ada jenis makanan tertentu yang perlu kamu hindari supaya jerawat pergi jauh-jauh dari kulit kamu.

Perawatan kulit itu memang tidak akan menunjukkan hasil yang instan, tapi kalau kamu rajin dan konsisten, dijamin pasti kamu akan menikmati hasilnya lho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s