Punya Banyak Anak Tapi Enggak Stres? Ini Caranya!

Melihat tumbuh kembang buah hati adalah sesuatu yang membahagiakan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang stress mendera saat mengurus anak. Apalagi bila anak kita lebih dari satu, dengan jarak umur yang tidak jauh. Hal itu terkadang membuat kita stress.
 
Mengurus anak dengan kadar stress yang tinggi tentunya bukan hal yang baik. Untuk itu, yuk hilangkan stress berlebih saat mengurus anak! Bagaimanakah caranya?
 
1. Sisihkan waktu untuk hobi dan kesenangan
 
Tidak perlu setiap hari, sisihkan sehari dalam seminggu atau dua minggu untuk melakukan hobimu. Kamu bisa menitipkan anak-anak pada pasangan atau pada orangtuamu/mertua (jika ada). Dengan begini, pikiranmu pun bisa kembali segar.
 
2. Tegas pada anak
 
Seringkali, anak yang tidak menurut dan sulit diatur tidak punya rasa segan pada orangtua. Biasanya karena orangtua selalu menuruti mau anak dan “kalah” saat anak ngambek. Untuk itu, jadilah tegas dan konsisten pada anak. Bila keinginannya bukan hal yang baik, maka jangan dituruti.
 

 
3. Tidur cukup
 
Tidur yang kurang akan membuatmu mudah lelah dan mudah stress. Untuk itu, gunakan waktu dengan bijak dan optimal. Tidurlah cukup, dan jangan terlalu banyak membuang waktu serta begadang ya!
 
4. Buah-buahan, sayuran, dan daging
 
Ketiganya mengandung zat besi tinggi yang bisa membuatmu tidak mudah anemia. Bila kamu anemia, otomatis kamu akan mudah lelah dan tidak optimal saat mengurus anak.
 
5. Bergantian dengan suami
 
Kamu bisa meminta bantuan suami untuk membantumu mengurus anak saat liburan atau saat suami ada waktu. Dengan begitu, kamu pun tidak akan merasa sendirian saat mengurus anak.
 
6. Sisihkan waktu jalan-jalan
 
Selain membuat anak-anak senang, jalan-jalan juga bisa membuat pikiranmu lebih segar lho! Lagipula, keakraban keluarga akan lebih terbangun saat kamu jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s