9 Efek Menyeramkan yang Terjadi pada Wanita Anoreksia!

Pernahkah Sahabat Hawa mendengar sebuah bentuk gangguan makanan yang bernama Anoreksia? Atau lengkapnya Anoreksia Nervosa merupakan suatu masalah kesehatan dimana seseorang terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan takut jika diri mereka terlihat gemuk.

Biasanya penderita anoreksia selalu menganggap memiliki tubuh yang gemuk, padahal tidak. Bahkan agar tubuh tetap kurus, penderita anoreksia akan membatasi porsi makan dan berolahraga secara berlebihan. Tidak jarang pula, sebagian dari mereka memuntahkan makanan yang baru dikonsumsinya. Bahayanya adalah tidak hanya menyebabkan tubuh penderita menjadi semakin kurus, anoreksia juga dipercaya memicu berbagai macam efek samping. Apa saja itu?

  1. Osteoporosis

Anoreksia bisa menimbulkan osteroporosis, yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh bagi penderitanya. Juga bisa menimbulkan penurunan atau bahkan stres ringan seperti membungkuk atau bahkan dapat menyebabkan patah tulang.

  1. Kelelahan Berlebih

Anoreksia bisa menimbulkan penderitanya jadi cepat lelah bahkan, sampai bisa pingsan dan tubuh melemah secara keseluruhan.

 

  1. Melemahnya Kekuatan Otot

Penderita Anoreksia juga lama kelamaan akan kehilangan kekuatan otot, hal ini disebabkan karena asupan gizi dan kadar lemak pada tubuh yang sangat rendah.

  1. Kerusakan Organ Tubuh

Kerusakan organ tubuh ini bisa dilihat dari gejala denyut jantung semakin lambat disertai dengan tekanan darah rendah. Ketidakseimbangan elektrolit juga bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur hingga penderita berisiko terkena gagal jantung.

  1. Kesehatan Rambut Terganggu

Rambut mendadak rontok atau kering.

  1. Masalah dengan Sistem Pencernaan

Penderita Anoreksia yang sudah akut bisa mengalami pecah lambung dan tukak lambung atau luka yang muncul pada dinding lambung. Selain itu juga buang air besar menjadi tidak teratur,

  1. Gigi Keropos

Penderita Anoreksia yang diikuti dengan kebiasaan memuntahkan makanan secara paksa, maka akan berisiko terkena kerusakan gigi akibat asam lambung selama muntah.

  1. Kolesterol Tinggi

Akibat pola makan yang tidak teratur dan asupan gizi yang tidak seimbang, mereka yang berbadan “kurus” juga bisa terkena kolesterol tinggi.

  1. Diabetes Militus Tipe 2

Penderita Anoreksia juga lama kelamaan akan berisiko terkena diabetes militus tipe 2 karena diet tidak sehat yang terus dilakukan tiap harinya.

Sumber: lifestyle.sindonews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s