5 Mitos Menstruasi Ini Ternyata Hoax Belaka!

Apa itu menstruasi? Mengapa banyak sekali mitos yang melarang wanita melakukan ini dan itu selagi haid?!

 

MENSTRUASI sebenarnya hanyalah salah satu fungsi tubuh normal yang dialami perempuan setiap bulannya. Dengan begitu, ada baiknya sahabat Hawa tidak menganggapnya sebagai penyakit atau masalah. Faktanya, kamu tetap bisa melanjutkan aktivitas normal saat haid, sama seperti hari-hari biasa. Oleh karenanya, jangan lagi mau dibohongi oleh beberapa mitos menstruasi yang hanya hoax berikut ini.

Mitos 1: Jangan cuci rambut atau mandi

 

Mitos menstruasi satu ini jelas tidak masuk akal karena sebaliknya, kita justru harus lebih ‘bersih dan higienis’ ketika lagi ‘dapet’. Fakta menstruasi lain mengatakan bahwa mandi air hangat malah membantu meredakan nyeri haid dan gejala PMS lain yang membuat tidak nyaman.

 
Mitos 2: Tidak boleh berenang
 

Selama ini, kamu mungkin mempercayai dan melakukan mitos satu ini. Padahal faktanya, aman-aman saja untuk tetap berenang selagi haid.

 

Ada dugaan bahwa mitos larangan berenang selagi menstruasi muncul ketika tampon atau menstrual cup belum ditemukan. Memang sih, beberapa wanita juga khawatir soal higienitas air kolam yang mungkin saja sudah terkontaminasi oleh darah haid, urin, atau bahkan feses orang lain.

 

Namun sekali lagi, intinya tetap aman kok berenang sewaktu haid, asalkan gunakan tampon atau menstrual cup sebagai pelindung.


Mitos 3: Hindari olahraga atau aktivitas berat
 

Nasihat turun-temurun mengatakan, “Saat haid, sebaiknya istirahat saja di rumah dan tidak melakukan aktivitas berat supaya tak bertambah ‘sakit’”. Padahal, fakta menstruasi mengatakan bahwa olahraga justru mampu membantu meredakan nyeri haid.

 

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur nyeri duluan sebelum latihan?! Minum saja obat pereda rasa sakit supaya kamu tetap dapat berolahraga seperti biasa. Ingatlah bahwa saat pertandingan Olimpiade, Sea Games, atau lainnya diadakan, ada atlet perempuan yang mungkin sedang datang bulan ketika bertanding, dan mereka tetap baik-baik saja kan?!

 

Mitos 4: Tidaklah sehat jika tetap berhubungan seks selagi datang bulan

 

Jika alasanmu enggan melakukannya adalah karena merasa tidak nyaman, maka hal itu masih bisa dimaklumi. Namun ketahuilah bahwa larangan berhubungan intim saat datang bulan hanyalah mitos saja.

 

Faktanya, tidak ada risiko kesehatan yang muncul bila kamu tetap berhubungan intim selagi datang bulan. Malahan hasil riset menyatakan kalau berhubungan seks dapat membantu meredakan kram haid. Jadi bila memang sedang turn on, lakukan saja tanpa khawatir soal menstruasi.


Mitos 5: Tidak mungkin hamil kalau berhubungan intim saat haid

 

Mitos yang terakhir inipun ternyata juga hoax. Agar bisa hamil, tubuh harus berovulasi, dan itulah yang terjadi setelah datang bulan selesai.

Namun bagi beberapa wanita yang siklus haidnya tidak teratur atau yang mengalami pendarahan sedikit lebih lama daripada waktu normal, maka jendela kesuburannya mungkin bersamaan waktunya dengan momen datang bulan.

Kesimpulannya, tanpa kontrasepsi, kemungkinan hamil tetap ada meski hubungan intim dilakukan selama datang bulan.

Jadi, setelah mengetahui kebenaran dari mitos-mitos menstruasi di atas, sahabat Hawa jadi tidak ragu lagi kan untuk beraktivitas seperti biasa? Tak ada salahnya juga untuk mengonsumsi ramuan herbal atau suplemen yang berfungsi untuk membantu memperlancar haid. Pastikan komposisinya terdiri dari bahan alami yang pastinya aman untuk tubuh, seperti produk-produk pelancar haid yang tersedia di AsmaraKu.com. Haid lancar, no more PMS ya, ladies!

KLIK DI SINI

Hawa-Banner-PERAWATAN-KHUSUS-WANITA

 

Satu pemikiran pada “5 Mitos Menstruasi Ini Ternyata Hoax Belaka!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s