Ada Tanda Ini Saat Kamu Haid? Awas itu Sinyal Penyakit!

Sahabat Hawa, ketika menstruasi sudah suatu hal yang lumrah jika wanita merasakan PMS (Pre Mesntrual Syndrom ) seperti perut sakit, kram, atau rasa tidak nyaman dibagian kewanitaan. Nah, selama itu semua masih kamu rasakan dalam batas wajar mungkin bukan suatu masalah jika kamu mengalaminya. Tapi bila ada beberapa hal yang terjadi seperti dibawah saat kamu menstruasi ada baiknya kamu perlu mewaspadai. Dikutip dari lama Women’s Health, berikut tanda-tanda menstruasi yang tak normal
 
 
1. Sangat kram dan darah menstruasi lancar
 
Jika kamu merasakan sakit seperti ini, ada kemungkinan fibroid rahim atau pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim/luar dinding rahim. Kondisi ini sangatlah umum, terutama pada wanita di usia 30 dan 40-an. Menurut Dweck, hal ini bisa dipicu karena peradangan atau hanya fibroid yang menekan rahim. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan ob-gyn kamu dan lakukan beberapa scan agar kondisi tersebut dapat teridentifikasi segera.
 

 
2. Kram dan nyeri yang konstan
 
Kondisi ini memungkinkan kamu mengalami penyakit radang panggul, atau pada kasus parah adanya infeksi serius di rahim, ovarium, dan saluran tuba.”Rasa sakit yang stabil dan rasanya tidak tajam atau seperti ditusuk justru menandakan ketidakamanan,” kata Dweck.
 
3. Nyeri pada satu titik
 
Ketika menstruasi kamu merasakan nyeri di tempat yang sama, kemungkinan terjadi torsi ovarium yang berpotensi pada kista. Dweck menyarankan untuk segera melakukan USG dan scan lainnya. Jika hasilnya positif torsi, kamu harus melakukan laparoskopi.
 
4. Kram Berat
 
Kram yang super menyakitkan saat menstruasi dan tidak ada lagi obat yang mampu menahan rasa sakit ini, kemungkinan besar kamu mengalami endometriosis. Kondisi ini menyebabkan jaringan rahim bergeser ke organ lain seperti ovarium dan tuba falopi. “Ini jenis sakit yang benar-benar dapat mengganggu aktivitas sehari-hari,” kata Dweck.
 
Bagaimana Sahabat Hawa, adakah rasa-rasa tersebut yang pernah kamu alami. Bila ada segera konsultasikan kedokter untuk mendapat solusi pengobatan yang lebih  baik yah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s