Mengapa Kamu Harus Yoga Saat Hamil? Ini Alasannya!

Sahabat Hawa, saat hamil terjadi perubahan fisik dan emosi yang cukup drastis. Pada sebagian besar perempuan, stres dan rasa panik biasanya muncul terutama ketika kehamilan pertama. Kondisi tersebut tentu bisa berdampak negatif bagi perkembangan janin. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan yoga saat hamil. Latihan yoga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik ibu dan janin tetapi juga kestablian emosi. Berikut lima manfaat yang bisa didaptkan melalui latihan yoga saat hamil.

 

  1. Relaksasi

Selama latihan, pikiran dan tubuh akan dilatih untuk lebih rileks dan fokus pada kesehatan diri sendiri dan janin. Hal ini membuat stres pada ibu berkurang, perasaan lebih tenang dan membangun hubungan dengan janin.

 

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Gerakan peregangan yang lembut akan membantu mengurangi rasa nyeri dan pegal yang sering dialami ibu hamil. Ketika kehamilan membesar, biasanya akan terasa nyeri saat berjalan. Dengan latihan yoga hal itu bisa dikurangi.

  1. Tidur Lebih Berkualitas

Banyak perempuan hamil yang mengalami insomnia atau merasa lelah setelah bangun tidur. Latihan yoga bisa mengatasi masalah tersebut. Dengan latihan pernafasan dan gerakan yang membuat tubuh lebih rileks, akan membuat tidur lebih berkualitas.

 

  1. Menguatkan Otot

Yoga adalah latihan jenis “low-impact” yang bisa menguatkan otot. Karena perubahan hormon, tubuh pada perempuan hamil secara alami akan menjadi lebih fleksibel. Untuk itu, harus berhati-hati agar terhindar dari ketegangan otot. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan latihan yoga.

  1. Mempermudah Proses Kelahiran Normal

Saat melahirkan secara normal, kamu “diharuskan” untuk mengatur napas dengan baik. Jika pengaturan napas tidak baik, maka bisa menghambat proses kelahiran. Dengan latihan yoga secara teratur, kamu akan dilatih untuk mengatur napas dan lebih rileks saat menjalani proses melahirkan.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah, latihan yoga saat hamil harus berada di bawah pengawasan pelatih profesional. Jika kamu tertarik melakukannya, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter kandungan kamu, mengingat kondisi tiap orang berbeda-beda.

 

 

last paragraph

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s