Penting! 5 Hal Ini Bisa Membahayakan Kehamilan Kamu

Momen kehamilan menjadi masa yang menyenangkan sekaligus mendebarkan dan setiap ibu tentu ingin janin berkembang dengan optimal Untuk itu, penting memerhatikan hal apa saja yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan selama masa kehamilan.

Selain mengonsumsi alkohol dan merokok, jangan melakukan hal-hal berikut ini agar kehamilan dapat berjalan aman dan nyaman.

  1. Konsumsi makanan mentah

Apa yang dimakan ibu juga diserap oleh bayi dalam kandungan, untuk itu penting untuk memilih makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya.

Tidak dianjurkan untuk ibu hamil mengonsumsi makanan mentah seperti sushi dan hidangan laut seperti kerang, tiram dan hidangan laut lain yang belum diolah.

Daging yang tidak dimasak hingga matang dan ayam yang diolah setengan matang sebaiknya dihindari karena berisiko terkontaminasi virus tokso dan salmonella.

Hindari juga ikan yang mengandung merkuri seperti king mackerel dan todak serta hidangan laut yang diasapi seperti dendeng atau salmon asap karena rentan terkontaminasi listeria.

  1. Memakai sepatu berhak

Semua perempuan tentu ingin tampil menawan, namun sepatu dengan hak tinggi seperti heels dan wedges sebaiknya ditinggalkan saat sedang mengandung.

Selain tidak aman karena ukuran perut yang kian membesar, ibu hamil cenderung mengalami pembengkakan di area kaki sehingga lebih baik menggunakan sepatu datar untuk aktivitas sehari-hari.

  1. Berendam air panas atau sauna               

Ketika sedang hamil, lumrah untuk seorang ibu mengalami pegal di sekujur tubuh. Namun, bersantai dalam rendaman air panas atau bersauna tidak dianjurkan untuk membuat otot rileks karena berisiko membuat bayi terlahir cacat.

  1. Jauhi asap rokok

Selain merokok, menghirup asap rokok di sekitar juga berbahaya untuk ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

Menjadi perokok pasif akan mengakibatkan keguguran, bayi lahir premaatur, bayi lahir dengan berat badan rendah, kemungkinan masalah perilaku saat tumbuh kembang bayi dan sindrom kematian bayi mendadak.

  1. Menyerap informasi yang salah

Menyambut peranan baru sebagai orangtua, tentu ibu akan melakukan segala cara agar bisa menjadi orangtua yang berhasil.

Salah satunya dengan membaca informasi yang sudah banyak beredar di internet, buku dan majalah. Ibu hamil juga akan mendapat banyak masukan dari keluarga dan orang sekitar.

Namun, penting juga untuk menyerap setiap informasi dengan benar. Jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar seputar kehamilan dan selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang terpercaya.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Teks: Erin/Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s