Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Sedang Sakit Tipes

Tipes atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang sering diderita orang Indonesia, baik dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman, biasanya akibat jajan sembarangan. Biasanya si penderita tioes akan merasa mual, lemas dan tidak nafsu makan. Akan tetapi Si penderita tipes harus tetap mengonsumsi makanan karbohidrat dan penuh gizi. Seperti 5 rekomendasi makanan sehat di bawah ini yang baik dikonsumsi bagi penderita tipes. 
 
 
1. Kentang Tumbuk 
 
Kentang Tumbuk atau mashed potato sangat pas bila dikonsumsi sebagai menu sarapan atau makan siang jika sedang sakit tipes. Di dalam kentang tumbukk terdapat berbagai nutrisi penting dari bahan dasarnya seperti susu, sayuran, dan rempah. 
 
2. Bubur
 
Bubur merupakan salah satu makanan yang cukup baik jika dikonsumsi saat sakit tipes. Teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan terutama usus. 
 
3. Telur
 
Telur merupakan salah satu makanan sumber protein yang sangat tinggi. Tak hanya itu telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi diantaranya kalsium, mineral, zat besi, asam amino esensial dan , masih banyak algi. 
 
4. Ayam Rebus 
 
Daging ayam tanpa kulit merupakan makanan yang tinggi protein sehingga baik dikonsumsi pasien tipes. Pastikan sahabat hawa mengolah daging ayam tanpa kulit dengan cara direbus atau dipanggang, karena pengolahan dengan cara digoreng dilarang dikonsumsi penderita tipes.
 
5. Kacang Kedelai
 
Sudah kita ketahui bahwa kacang kedelai adalah makanan yang tinggi kandungan protein nabatinya. Itulah sebabnya kacang kedelai sangat dianjurkan bagi penderita tipes. Kamu bisa mengolah kacang kedelai dengan cara direbus.
 
Satu hal penting yang perlu diingat, jangan dulu mengonsumsi makanan digoreng karena tak baik bagi lambung kamu. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s