Ini Sebabnya Bayi Lahir dengan Berat Badan Berlebih

Banyak kasus terjadi bayi lahir dengan berat badan yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme pada bayi lho. Kondisi ibu hamil yang dapat menyebabkan bayi besar. Berat bayi baru lahir rata-rata berkisar antara 3-4 kg. 
 
Bayi yang lahir dengan berat 4 kg sudah termasuk dalam kategori bayi besar. Umumnya ibu yang memiliki bayi besar akan mengalami kesulitan menjalani persalinan normal. Bayi besar yang dilahirkan dengan persalinan normal dapat mengalami kerusakan saraf pada bahu, lengan dan leher bayi. 
 
Beberapa faktor yang menyebabkan bayi memiliki berat berlebih saat dilahirkan, yaitu:
 
1. Usia kehamilan
 
Ibu yang hamil di atas usia 35 tahun umumnya memiliki bayi yang besar. Hal ini disebabkan oleh proses metabolisme tubuh ibu yang berubah sehingga menyebabkan janin ikut terpengaruh.
 
2. Kadar gula darah ibu
 
Perempuan dengan BMI yang tinggi diyakini memiliki kadar gula yang lebih tinggi di dalam darah mereka. Kadar gula dalam darah meningkatkan produksi insulin yang juga berfungsi sebagai hormon pertumbuhan.
 
3. Genetik
 
Genetik juga memengaruhi ukuran bayi yang berada di dalam rahim. Jika orang tua memiliki gen bayi terlahir besar, umumnya anak yang dilahirkan juga akan memiliki berat badan yang besar.
 
Bagaimana Cara Mencegahnya? 
 
Cara utama mencegah bayi terlahir besar adalah dengan menjaga asupan makanan yang baik selama hamil. Kamu tidak harus makan dua porsi hanya karena sedang hamil. Makan secukupnya dengan gizi seimbang akan membantu menjaga kenaikan berat badan 
 
 
 
 
 
Sumber: Doktersehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s