Mengenal Momnesia, Gejala Kehamilan yang Sering Dialami Bumil

Selain mengalami penurunan pada daya tahan tubuh, ada satu hal yang sering dialami ibu hamil adalah momnesia. Istilah momnesia mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Nah, sebetulnya momnesia sendiri berasal dari kata mom, dan amnesia. 
 
Momnesia adalah kondisi di mana ibu hamil menjadi pelupa dan mudah hilang konsentrasi. Rasanya, banyak hal yang menjadi terceceran dan rencana yang berantakan karena masalah ini. Nah, apa sajakah yang membuat ibu hamil menjadi mudah lupa? 
 
1. Mual dan muntah
 
Mual dan muntah terutama dalam trimester awal kehamilan membuat ibu hamil semakin lemas. Karena itulah, maka mereka sering kehilangan konsentrasi dan seolah menjadi pelupa. Nah, untuk menghindari hal ini, lebih baik kurangi aktivitas saat kehamilan, dan jangan pernah membiarkan perut kosong. Bila gejala mual dan muntah semakin parah, sebaiknya berkonsultasi ke dokter agar diberikan obat anti mual dan muntah.
 
2. Mengecilnya ukuran otak
 
Karena pengaruh hormon, ukuran otak ibu hamil pun cenderung mengalami penyusutan. Ya, ukuran otak yang lebih kecil membuat daya ingat menjadi lebih kecil pula.
 
Namun Sahabat Hawa tenang saja ya. Karena tak lama setelah persalinan, ukuran otak akan kembali seperti semula, kok!
 
3. Kurang tidur
 
Hal ini juga rentan terjadi pada kehamilan  trimester kedua atau ketiga. Pasalnya, perut sudah semakin membesar dan semakin tak nyaman saja. Kita pun akhirnya tidak bisa seenaknya tidur dengan berbagai posisi yang kita inginkan. 
 
Kurang tidur juga berpengaruh besar pada penurunan konsentrasi dan daya ingat lho! Untuk itu, cobalah rileks sebelum tidur. Buang segala beban pikiran, dan juga usahakan jangan tidur terlalu larut.
 
Sahabat Hawa, meskipun kondisi-kondisi ini membuat konsentrasi Sahabat Hawa menurun saat hamil, tetapi jangan khawatir. Kamu bisa mengatasi momnesia dengan beberapa cara ini
 
1. Kurangi konsumsi kafein tinggi seperti kopi
2. Kurangi beban pekerjaan
3. Banyak olahraga ringan seperti jogging supaya pikiran lebih segar
4. Tulis secara rinci hal-hal yang Anda rencanakan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi alarm atau organizer pada ponsel pintar
5. Atur barang secara rapi di rumah agar tidak terselip dan mudah dilupakan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s