Merasakan 4 Gejala Ini? Bisa Jadi Kamu Sedang Subur

Jika kamu dan pasangan sedang berencana untuk memiliki momongan, maka mengetahui kapan kamu sedang dalam masa subur atau ovulasi penting untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Selain dengan cara berhitung, tanda-tanda berikut juga bisa menjadi petunjuk bahwa kamu sedang dalam masa subur.
 
1. Lendir Serviks
 
Setelah menstruasimu selesai, lendir pada leher rahim atau lendir serviks akan bertambah banyak dan teksturnya berubah.  Lendir akan menjadi lebih cair pada masa ovulasi, sehingga sperma dapat dengan mudah masuk ke dalam tuba falopi untuk bertemu dengan sel telur. Saat yang paling subur adalah ketika lendir berwarna bening.
 
2. Suhu Basal Tubuh
 
Suhu basal tubuh adalah suhu terendah tubuh pada saat kamu sedang tidur atau beristirahat. Suhu basal ini akan meningkat ketika kamu sedang dalam masa ovulasi. Ukurlah suhu basal tubuh dengan menggunakan termometer khusus untuk mengetahui apakah kamu sedang dalam masa ovulasi. Dengan demikian, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan intin dengan pasanganmu.
 
3. Perut Terasa Sakit
 
Sebagian wanita merasa sakit pada bagian bawah perut selama masa ovulasi. Gejala sakit atau kram pada perut ini dinamakan mittelschmerz. Hal itu terjadi karena aktivitas sel telur meningkat sehingga dapat menyebabkan rasa sakit. Selain pada perut bagian bawah, rasa sakit juga bisa muncul di bagian punggung. 
 
4. Merasa Bergairah
 
Ketika sedang dalam masa subur, kamu akan merasa dirimu menarik dan lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim. Kamu pun juga terlihat menarik di mata pasangan, karena tubuh secara alami akan mengeluarkan wangi yang berbeda dari biasanya.
Dapatkan informasi kesehatan lainnya di Halodoc 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s