Mengenal Vaginismus, Kejang Vagina Pada Wanita

Apa sih vaginismus? Vaginismus ini adalah sejenis disfungsi seksual pada wanita, dimana otot vagina akan kejang sehingga tidak bisa melakukan hubungan seksual. Reaksi akan nampak terlihat dari wanita dengan vaginismus, karena ia cenderung merapatkan kedua tungkainya bila terjadi sentuhan pada area kelaminnya 
 
Vaginismus bisa menyerang wanita dengan variasi usia. Mulai dari usia ketika seorang wanita sudah aktif secara seksual, sampai wanita yang sudah berusia lanjut atau tua. Dan diduga, sekitar 2-3 persen wanita dewasa mengalami vaginismus.
 
Beberapa penyebabnya antara lain
 
1. Adanya infeksi yang menimbulkan luka disekitar lubang vagina atau labia.
 
2. Gangguan selaput dara, termasuk apabila adanya tarikan saat penetrasi berlangsung.
 
3. Adanya bekas robekan pada saat melahirkan yang tidak sembuh secara sempurna, sehingga menimbulkan reaksi penolakan sebagi bentuk beban fisik dan fsikis.
 
4. Pernah mengalami traumatik secara seksual, seperti pemerkosaan, dimana jika trauma itu masih dirasakan hingga masa menikah, maka hal itu merupakan vaginismus sekunder. 
 
5. Momen bercinta yang kerap menimbulkan rasa nyeri bisa jadi menyebabkan trauma psikis, sehingga rasa trauma itu bisa menjadi vaginismus.
 
6. Perasaan takut yang berlebihan apabila bercinta menjadikan wanita itu hamil.
 
7. Serta perasaan takut tertular penyakit kelamin dari pasangannya.
 
 

Bagaimana cara megatasinya? 
 
1. Rileks. Berlatihlah teknik pernapasan dan dengarkan musik yang dapat membuat kamu merasa tenang. Pahamilah tubuh kamu dengan baik. 
 
2. Latih otot Miss V untuk membantu mengendalikan respons kamu
 
3. Pusatkan pikiran untuk menikmati sensasi menyenangkan dari sentuhan dan pastikan kamu benar-benar terangsang sebelum menerima penetrasi. 
 
4. Saat kamu merasa santai, coba lakukan sendiri penetrasi pada Miss V. Mulailah dengan benda kecil seperti cotton bud atau ujung jari. Setelah kepercayaan diri berkembang, tingkatkan dengan mencoba satu jari penuh, lalu cobalah dengan jari pasangan.
 
 

 
 
 
 
 
Berbagai Sumber  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s