8 Makanan yang Bisa Sebabkan Keguguran

Untuk menjaga janin dalam kandungan tetap sehat, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk kesehatan ibu dan bayi. Namun, ada beberapa jenis makanan tertentu yang sebaiknya dihindari karena berisiko menyebabkan keguguran.

Berikut ini deretan makanan yang sebaiknya dijauhi saat hamil karena akan menimbulkan kontraksi dini.

  1. Nanas

Terkadang ibu hamil sering menginginkan sesuatu yang asam namun nanas sebaiknya dihindari karena kandungan bromelain didalamnya bisa memicu kontraksi lebih awal.

 

Nanas

  1. Kepiting

Rasanya lezat dan kaya akan kalsium, namun sebaiknya menahan diri untuk tak mengonsumsi kepiting selama hamil karena kandungan kolesterolnya juga tinggi. Hal itu dapat membuat rahim menyusut yang akan mengakibatkan pendarahan internal dan kemungkinan keguguran.

  1. Hati hewan

Mengonsumsi hati hewan memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, namun sebaiknya ibu hamil tak memakannya terlalu banyak karena dapat mengakibatkan kesulitan selama kehamilan yang dampaknya buruk bagi bayi.

  1. Aloe vera

Gel lidah buaya sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan, namun faktanya penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya berbahaya untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan Aloe Vera terdiri dari antrakuinon, sejenis obat pencahar yang dapat menginduksi kontraksi uterus dan perdarahan panggul, yang dapat menyebabkan keguguran.

  1. Pepaya

Walaupun menyegarkan, mengonsumsi pepaya berwarna hijau yang belum matang berbahaya karena di dalamnya terdapat komponen yang bersifat sebagai pencahar dan dapat menyebabkan persalinan prematur. Selain itu, biji pepaya juga kaya akan enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang mengakibatkan keguguran.

  1. Kopi

Populer sebagai minuman untuk memulai hari, namun sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dapat menimbulkan masalah kehamilan seperti keguguran dan berat bayi rendah ketika lahir. Penting untuk dikeahui bahwa tak hanya kopi, kafein juga ditemukan dalam teh, cokelat panas dan minuman berenergi.

kopi untuk bumil

  1. Buah persik

Meskipun menyegarkan, buah persik diyakini bersifat ‘panas’ di dalam sehingga jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil dapat mengakibatkan pendarahan internal.

  1. Daging olahan

Konsumsi daging yang diolah seperti sosis, daging cincang alami, salami, pepperoni sebaiknya juga dihindari karena tak aman untuk kehamilan. Ini disebabkan daging besar kemungkinannya mengandung bakteri seperti Toxoplasma gondii, listeria atau salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s