Ekstensi Bulu Mata Bikin Bulu Mata Asli Rontok, Benarkah?

Banyak kaum Hawa menginginkan bulu mata yang lentik. Selain terlihat lebih cantik, bulu mata yang lentik juga bisa memudahkan wanita saat berdandan. Sayangnya, enggak semua wanita terlahir dengan bulu mata yang lentik. Sebagai solusinya, beberapa wanita melakukan ekstensi bulu mata untuk melentikkan bulu mata. Tapi ada mitos yang mengatakan bahwa ekstensi bulu mata bisa merontokkan bulu mata asli, tapi benarkah? Agar kamu lebih tahu tentang dampak ekstensi bulu mata, simak penjelasan berikut ini, yuk!
 
Kabar baiknya, ekstensi bulu mata enggak bikin bulu mata asli rontok. Asalkan ekstensi bulu mata dilakukukan sesuai prosedur, menggunakan bahan berkualitas, dilakukan oleh “teknisi” ekstensi bulu mata yang berlisensi, dan dirawat dengan benar. Jika tidak, kamu jangan heran kalau ekstensi bulu mata bisa berdampak pada kesehatan bulu mata asli. Setelah melakukan ekstensi bulu mata sebisa mungkin hindari mengucek mata, menarik bulu mata ekstensi, dan menyentuh area mata dengan sengaja. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada akar bulu mata yang asli.
 
Dampak Ekstensi Bulu Mata
 
Saat kamu ingin melakukan ekstensi bulu mata, pastikan kamu sudah mengetahui risiko yang mungkin kamu hadapi. Beberapa risiko dampak ekstensi bulu mata diantaranya adalah:
 
1. Reaksi Alergi hingga Infeksi
 
Lem yang digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu dengan bulu mata asli dapat menimbulkan reaksi alergi. Ini disebabkan oleh banyak kemungkinan, misalkan pemasangan lem yang kurang memperhatikan higienitas atau karena seseorang memang memiliki alergi terhadap kandungan dari lem bulu mata. Bahkan untuk beberapa orang, kontak langsung antara helai bulu mata dengan bahan aktif pada lem perekat bisa menyebabkan iritasi pada konjunktiva (konjungtivitas) atau kornea (keratitis)
 
2. Rontok Bulu Mata
 
Jika dilakukan secara tepat, ekstensi bulu mata tidak menimbulkan kerontokan bulu mata asli. Tapi jika dilakukan secara asal, ekstensi bulu mata bisa merusak akar (folikel) bulu mata dan menyebabkan kerontokan bulu mata, baik sementara atau permanen. Ekstensi bulu mata yang terlalu berat dan menumpuk juga bisa memicu ketegangan pada akar bulu mata sehingga menyebabkan kerontokan.
Tips Ekstensi Bulu Mata
 
Ekstensi bulu mata sah-sah saja dilakukan. Tapi untuk meminimalisir dampak ekstensi bulu mata, kamu perlu tahu beberapa tips ekstensi bulu mata berikut ini:
 
  • Ekstensi bulu mata dilakukan di salon kecantikan yang memiliki reputasi bagus.
  • Pastikan kamu melakukan ekstensi bulu mata dengan teknisis ekstensi bulu mata yang berlinsensi
  • Tanyakan jenis lem perekat yang digunakan.
  • Agar proses yang berlangsung higienis, pastikan teknisi ekstensi bulu mata mensterilkan tangan dan segala peralatan sebelum digunakan.
  • Agar tidak panik, kamu bisa menanyakan prosedur esktensi bulu mata yang akan kamu dapatkan dan efek samping yang mungkin kamu rasakan, misalkan mata merah dan perih saat membuka mata.
 

 
Jika kamu punya pertanyaan lain seputar kecantikan, jangan ragu bertanya ke dokter Halodoc, ya. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s