Ini Cara Sederhana Cegah Stres Saat Hamil

Walaupun membahagiakan semua pasangan, sesungguhnya kehamilan mungkin merupakan proses yang melelahkan utamanya bagi ibu yang baru merasakannya pertama kali. Dalam prosesnya, setiap ibu akan merasakan pengalaman kehamilan yang berbeda tak terkecuali rasa stress dan gelisah yang lumrah mendera ibu hamil.

Namun, kebanyakan ibu akan menampik bahwa mereka sedang mengalami stres. Padahal jika dibiarkan stres berlebihan akan membawa dampak serius terhadap perkembangan janin.

Untuk itu, hal-hal berikut ini bisa dilakukan oleh ibu untuk mengatur kadar stres dan gelisah selama hamil.

  1. Melakukan hal yang disukai

Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan di rumah, penting untuk ibu hamil duduk sejenak dan melakukan hal yang akan membuat rileks agar tidak gelisah.

Jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan musik lembut atau membaca buku favorit, hal ini akan membantu meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh.

  1. Meditasi

Selain menenangkan, melakukan meditasi selama kehamilan dapat menurukan kadar stes secara signifikan serta menjaga detak jantung dan tekanan darah tetap stabil. Tak hanya itu, dengan melakukan meditasi rutin selama 30 menit setiap hari akan mengurangi risiko komplikasi sebesar 90% saat tiba waktunya melahirkan.

  1. Menerima tubuh dan diri sendiri apa adanya

Selain proses persalinan itu sendiri, kebanyakan ibu hamil merasa stres karena perubahan pada tubuh yang akan menurunkan kepercayaan diri. Supaya tidak gelisah, ibu harus tetap yakin akan menjadi wanita yang paling cantik dengan perut yang kian membesar.

  1. Perbanyak konsumsi omega-3

Demi gizi seimbang untuk ibu dan bayi, jangan lupakan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang selain mengurangi stres juga akan membangkitkan semangat. Produksi asam amino esensial yaitu tryptophan juga akan membantu ibu bisa tidur nyenyak dan meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Jangan ragu mengungkapkan perasaan

Saat hamil, terjadi perubahan hormon dalam tubuh dan agar merasa tenang ibu hamil sebaiknya tidak ragu mengungkapkan apa yang dirasakan kepada orang terdekat. Dengan menceritakan apa yang dirasakan pada pasangan atau keluarga, maka akan meringankan tingkat kegelisahan dan membuat ibu lebih tenang menjalani masa kehamilan.

  1. Mencari informasi akurat

Saat hamil dan bahkan setelah melahirkan, akan banyak mitos atau infomasi yang tak jarang akan menempatkan ibu hamil dalam kondisi tertekan. Untuk itu, daripada mendengarkan pengalaman orang lain tentang pengalaman melahirkan yang menyakitkan atau mitos mengenai kehamilan sebaiknya ibu hamil tetap membekali diri dari sumber yang terpercaya agar bisa lebih siap dan cerdas.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s