7 Makanan yang Dapat Tingkatkan Berat Badan Janin

Setiap wanita pasti ingin melahirkan bayi yang sehat dan sempurna, untuk itu penting bagi ibu hamil mengonsumsi asupan gizi seimbang. Ada kalanya, banyak bayi lahir dengan berat di bawah ketentuan medis yang seharusnya disebabkan beragam faktor seperti berat ibu yang juga rendah atau riwayat medis.

Nah, dilansir dari laman Boldsky ibu hamil sebaiknya mengonsumsi deretan makanan ini untuk menjaga berat badan bayi tetap sehat.

  1. Telur

Selain kaya protein, telur juga kaya asam folat, kolin dan zat besi yang baik untuk janin. Agar mendapatkan hasil terbaik, konsumsi satu butir telur rebus sehari bagus untuk ibu hamil.

 

konsumsi telur rebus selama kehamilan

  1. Buah kering & kacang-kacangan

Berat badan janin yang sehat dapat disokong dari asupan buah dan kacang-kacangan karena kaya akan protein dan tidak berlemak. Pilihan terbaik kacang-kacangan yaitu almond, kacang tanah dan walnut sementara kurma, apricot, kismis hitam dapat menjadi pilihan buah kering terbaik untuk dijadikan kudapan di sore hari.

  1. Susu

Penelitian menunjukkan, dengan minum susu sebanyak 200-500 ml per hari memberikan dampak positif untuk berat badan janin. Selain diminum langsug, ibu hamil dapat menambahkannya dalam smoothies agar semakin lezat dan tidak bosan.

 

susu untuk janin

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kemampuan untuk mencegah risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Yoghurt bahkan memiliki lebih banyak kandungan kalsium dibandingkan susu , sera mengandung vitamin B kompleks dan zinc sehingga mengonsumsi tiga porsi yoghurt sehari bagus untuk ibu hamil.

 

yoghurt

  1. Sayuran berdaun hijau

Sebagian besar vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan magnesium dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayuran hijau berdaun setidaknya tiga kali seminggu.

Selain bagus untuk meningkatkan penglihatan bayi, sayuran hijau juga berperan penting dalam perkembangan kulit dan tulang bayi serta efektif meningkatkan berat badannya dalam kandungan.

  1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein yang bagus dan penting untuk perkembangan otot dan jaringan janin. Komponen seperti besi dan vitamin B kompleks membantu perkembangan otak bayi juga sehingga makan satu porsi ayam, domba, dan hidangan laut 2-3 kali seminggu sangat disarankan.

  1. Ikan

Selain kaya protein, ikan adalah sumber asam lemak omega-3 terkaya sehingga mengonsumsinya selama kehamilan sangat baik untuk perkembangan janin secara menyeluruh.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s