Ingin Hamil Lebih Pasti? Kenali Suhu Basal Tubuh Kamu

Apa itu basal tubuh? 
 
Suhu basal tubuh merupakan (basal body temperature, BBT) adalah suhu terendah saat tubuh beristirahat. Selain memantau masa subur di aplikasi hawa, mengecek suhu basal tubuh kamu juga dapat menentukan masa ovulasi dan masa suburnya. 
 

 
Bagaimana cara mengukur suhu basal tubuh? 
 
Cara mengukur suhu basal tubuh cukup mudah, siapkan termometer pengukur suhu basal tubuh yang bisa kamu beli di apotek. Kemudian letakan termometer mulut, vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit. Suhu normal tubuh sekitar 35,5-36 derajat celcius. Nah, saat ovulasi, suhu akan turun lalu naik menjadi 37-38 derajat. Jika esok hari suhu tubuh kamu tidak kembali pada suhu 35 derajat Celcius, saat itulah terjadi masa subur. Kondisi kenaikan suhu tubuh ini akan terjadi sekitar 3-4 hari, kemudian akan turun kembali sekitar 2 derajat dan kembali pada suhu tubuh normal seperti sebelum menstruasi. 
 
Bagaimana mengetahui cara kehamilan? 
 
Sahabat hawa coba perhatikan, bila pada hasil catatan suhu tubuh selama 1 bulan, tidak terjadi kenaikan suhu tubuh, kemungkinan tidak terjadi ovulasi. Sebaliknya, jika ada kenaikan suhu tubuh dan terus berlangsung setelah masa subur kemungkinan kamu hamil. Proses kehamilan ini bisa terjadi bila sel telur berhasil dibuahi dan mengakibatkan peningkatan produksi hormon progesteron. Peningkatan hormon progesteron menyebabkan suhu tubuh tetap tinggi. Metode suhu basal tubuh akan efektif bila dilakukan dengan benar, konsisten dan dicatat selama beberapa bulan berturut-turut.
 
Untuk lebih memastikannya cek tanggal masa subur kamu sambil mengecek suhu basal menggunakan termometer ya sahabat hawa. 
 
 
 
 
Sumber: Ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s