Jangan Sembarangan, Ini Takaran Vitamin C yang Pas Buat Ibu Hamil!

Semua orang tentu sudah mengetahui manfaat yang diperoleh dari vitamin C. Vitamin C mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh yang rusak dan membantu melawan infeksi. Selain memperkuat daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, pembuluh darah dan kulit.

Tidak hanya itu, vitamin C juga dinilai efektif untuk mencegah penyakit serius seperti jantung, arthritis, dan kanker. Namun, biasanya dokter menganjurkan untuk tidak mengonsumsi vitamin C yang berlebihan. Vitamin C mengandung asam askorbat yang menekan produksi hormone progesteron, yaitu hormon yang berperan dalam mempersiapkan rahim wanita untuk pembuahan.

Selain itu, keasaman vitamin C yang berlebihan juga akan membunuh sperma sehingga akan menyulitkan wanita untuk hamil.Tak hanya itu, kelebihan vitamin C juga dapat memicu kembung, gangguan pencernaan, diare, mual, muntah, heartburn, sakit kepala, insomnia, dan pembentukan batu ginjal. Lalu, berapa jumlah takaran vitamin C yang pas untuk ibu hamil?

Menurut Recommended Dietary Allowance (RDA), konsumsi vitamin C yang tepat pada ibu hamil yaitu 85 mg.

Selain itu, menurut US Food and Nutrition Board of Institute of Medicine dan National Academy of Sciences, level asupan vitamin C yang dianjurkan sebaiknya tidak melebihi 2.000 mg per hari. Sebab, kekurangan vitamin C akan menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin dalam kandungan, misalnya adanya gangguan perkembangan otak janin.

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kulit kasar dan kering, memperlambat penyembuhan luka, memar, dan rambut rapuh. Sementara jika berlebihan, maka berpotensi mengakibatkan keguguran, karena keasamannya akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sehingga pembuahan akan terhambat.

Dengan demikian, penting bagi ibu hamil mengonsumsi vitamin C yang tepat agar kesehatan kehamilan tetap terjaga. Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s