5 Hal Ini Bisa Bikin Kehamilan Kamu Jadi Berbahaya

Saat sedang menjalani masa kehamilan, semua calon ibu tentu ingin kehamilan dan janin dalam kandungan selalu sehat. Namun, ada kalanya kehamilan tak berjalan sesuai harapan karena terjadi sesuatu. Untuk itu penting bagi semua ibu hamil mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kehamilan akan lebih berisiko tinggi. Dilansir dari laman boldsky.com, Berikut penjelasanya:

  1. Obesitas

Dalam dunia medis, perempuan yang memiliki indeks massa tubuh mencapai 30 atau lebih cenderung akan mengalami kehamilan yang lebih sulit dan janin megalami kelainan.

Selain itu, seorang ibu dengan berat badan berlebih akan berisiko mengalami hipetensi, preeklamsia dan diabetes sehingga penting untuk ibu menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Riwayat medis keluarga

Janin dalam kandungan berpotensi untuk mewarisi penyakit dari ibunya, untuk itu sebaiknya perhatikan riwayat penyakit yang ada dalam keluarga. Jika dalam keluarga terdapat genetic tekanan darah tinggi, epilepsy, permasalahan ginjal, penyakit jantung, diabetes, sebaiknya waspada dengan kehamilan berikutnya.

  1. Tingkat stres

Stress menjadi faktor utama dalam kehamilan, misalnya karena permasalahan pribadi atau pekerjaan. Hal ini akan memengaruhi janin dalam kandungan, untuk itu lakukanlah hal-hal yang membuat bahagia agar terhindar dari stress.

  1. Kondisi kehamilan sebelumnya

Penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan kondisi kehamilan sebelumnya, misalnya pernah keguguran atau melahirkan dalam kondisi prematur. Kondisi tersebut sebaiknya juga dikonsultasikan pada dokter kandungan, agar lebih berhati-hati pada kehamilan berikutnya.

  1. Usia ibu

Beberapa penelitian menyatakan, rentang usia teraman untuk memiliki anak yaitu ketika perempuan berusia 20 hingga 35 tahun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), 44,9% kelahiran terjadi pada perempuan yang berusia lebih muda dari 35 tahun.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Teks: Erin/Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s