Positif Hamil Jelang Ramadhan? Lakukan Ini ya Bunda!

Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim. Tak terkecuali puasa untuk ibu hamil. Sebagai bentuk ibadah, menjalani puasa di bulan ramadhan tentu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Beberapa dokter kandungan justru menyarakan ibu hamil untuk tetap berpuasa selama tidak membahayakan bagi ibu dan janin. Lalu bagaimana memenuhi asupan nutrisi untuk ibu hamil dan janin di bulan puasa? simak tips berikut.

  1. Menu Ibu Hamil Saat Sahur

Diketahui saat berpuasa ibu hamil mengkonsumsi 2500 kilo kalori per hari. Komposisinya 50% karbohidrat, 30% protein seperti ikan, telur, susu, tahu, tempe, dan untuk 20% berbentuk lemak seperti kacang-kacangan. Hindari konsumsi makanan manis saat sahur agar ibu hamil tidak mudah merasa lemas dan cepat lapar. Minum air putih dan suplemen vitamin asam folat, zinc, dan vitamin C untuk menjaga vitalitas tubuh ibu hamil dan janin selama berpuasa.

 eating-salad-healthy-food-people_1303-1564

  1. Selama Berpuasa Ibu Hamil Bisa Melakukan Kegiatan

Puasa dijalankan dengan niat ibadah dan ikhlas agar terasa nyaman dan tanpa tekanan. Istirahat yang cukup, membaca buku di sela waktu santai bisa menjadi cara efektif sambil menunggu waktu berbuka. Sesekali ajak bayi dalam perut berkomunikasi juga bisa menjadi langkah yang menyenangkan dilakukan saat hamil sambil berpuasa.

Melakukan aktifitas seperti olahraga juga tetap bisa dilakukan selama kondisi tubuh sedang stabil. Pilih waktu olahraga di atas pukul 4 sore dan lakukan olahraga ringan. Bila selama berpuasa ibu hamil mengalami diare, muntah-muntah, mimisan, lemas, pusing, keluar keringat dingin berlebih hingga mengalami kondisi fisik yang menurun, ibu hamil bisa menghentikan puasa dan mengganti puasa tersebut setelah melewati bulan ramadhan.

 being mom

  1. Saat Berbuka Puasa Untuk Ibu Hamil

Awali waktu berbuka puasa dengan mengkonsumsi minuman hangat dan manis seperti teh manis hangat. Hal ini untuk membantu meningkatkan kadar gula darah namun tetap memperhatikan asupan makanan dan minuman manis agar sesuai dengan takaran ibu hamil (tidak berlebihan). Kelebihan asupan gula saat hamil juga berisiko diabetes. Pilih asupan karbohidrat simpleks yang mudah diserap oleh tubuh. Misalnya kurma dan kolak pisang. Namun bagi ibu hamil yang mengalami GERD atau asam lambung tinggi hindari kolak karena kolak mengandung santan yang bisa memicu asam lambung naik.

Selain itu, setelah solat magrib, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan lengkap seperti nasi, sayur, lauk pauk, hingga buah. Jangan lupa untuk selalu penuhi air putih sebagai asupan cairan pengganti saat 12 jam kita berpuasa.

 

 

Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s