Bumil Masih Boleh Minum Kopi, Asal……

Kopi mengandung kafein, dimana jika dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, meningkatkan rasa cemas dan permasalahan tidur. Selain itu, sifat diuretic akan membuat frekuensi buang air kecil meningkat yang tentunya akan membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil semakin menjadi.

Namun, bagaimana jika seorang ibu hamil menginginkan kopi?

Dalam studi yang dipublikasikan daam the American Journal of Obsterics and Gynecology, ditemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi 200 mg kafein atau lebih dalam sehari akan berisiko dua kali lebih banyak mengalami keguguran.

Selain itu, asupan kafein yang berlebihan selama hamil seperti kopi dan teh bisa menyebabkan pembatasan pertumbuhan janin dan bayi berisiko lahir dengan berat yang rendah.

 

pregnant-woman-in-dress-and-smiling-with-coffee_1218-503

Lalu, apakah boleh ibu hamil mengonsumsi kopi?

Ibu hamil boleh mengonsumsi kopi di masa awal kehamilan, namun sebaiknya tak melebihi 200 mg setiap harinya. Mengonsumsi kopi dalam kondisi dingin juga aman, namun sebaiknya juga dikonsumsi dengan porsi sedang dan tak berlebihan.

Penting untuk diketahui, bahwa kopi tanpa kafein sekalipun juga mengandung 2 hingga 12 mg kafein didalamnya. Selain itu, kafein tak hanya ada dalam kopi namun juga ada dalam coklat panas, teh dan minuman berenergi sehingga perlu memperhatikan konsumsinya dengan cermat agar tidak membahayakan kehamilan dan janin dalam kandungan.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id

Teks: Erin/Nakita.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s