Keluhan Ini Akan Kamu Rasakan di Trimester Ketiga Kehamilan

Pada trimester ketiga, calon ibu pasti akan merasa semakin berdebar dan tak sabar menunggu kelahiran sang bayi. Kandungan pun sebetulnya relatif lebih kuat ketimbang di bulan-bulan sebelumnya. Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa calon ibu akan mengalami beberapa permasalahan di tubuhnya, yang membuat kondisi ibu menjadi tidak sesehat dan sebaik di trimester kedua atau malah sebelum hamil.
 
Nah, masalah kesehatan apa sajakah yang biasa ditemui oleh ibu hamil di trimester ketiga?
 

1. Sesak Napas
 
Karena kandungan semakin besar, maka ibu hamil pada trimester ketiga pun akan sering merasakan sesak napas. Bernapas pun akan lebih berat ketimbang sebelumnya karena paru-paru kita terdesak. Untuk itu, ibu hamil trimester ketiga disarankan supaya rajin menghirup udara pagi yang masih segar, serta tidak terlalu kecapekan.
 
2. Susah Berkonsentrasi
 
Akibat tubuh yang mudah lelah dan agak sulit untuk bernapas, maka ibu hamil pada trimester ketiga pun cenderung lebih sulit untuk berkonsentrasi. Maklum, asupan oksigen ke otak sedikit berkurang. Untuk itu, ibu hamil trimester ketiga sebaiknya tidak terlalu memforsir diri untuk bekerja atau memikirkan hal-hal yang membuat stress.
 
3. Sakit di punggung
 
Hampir tidak ada posisi yang nyaman bagi ibu hamil trimester ketiga, baik saat duduk santai maupun tidur. Saat duduk pun, ibu hamil trimester ketiga akan lebih sering merasakan nyeri di punggung. Hal ini tak lain karena punggung harus menyokong janin yang semakin besar dan berat.
 
4. Kontraksi palsu (Braxton Hiks)
 
Pada trimester kedua akhir hingga trimester ketiga, ibu hamil juga sering mengalami kontraksi palsu atau Braxton Hiks. Kontraksi ini ditandai dengan tegang dan sedikit nyeri pada rahim yang biasanya hanya berlangsung sekitar 30 detik saja dan hanya muncul beberapa kali dalam sehari. Berbeda dengan kontraksi asli yang bisa terjadi selama lebih dari 1 menit dan terus menerus mendera ibu hamil.
 

 
Walaupun trimester ketiga memberikan ketidaknyamanan pada ibu hamil, tetapi percayalah bahwa rasa tidak nyaman dan rasa sakit yang nantinya akan mendera kita saat persalinan akan terbayar saat melihat buah hati yang mungil lahir ke dunia. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s