4 Masalah Pencernaan Saat Puasa yang Kerap Menggangu

Masalah pencernaan merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan banyak orang saat puasa. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan saat buka puasa dan santap sahur.

Tentunya, ini akan mengganggu keadaan ya Sahabat Hawa. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir. Berikut tipsnya cara mengatasinya.

  1. Mual Muntah

Kebiasaan berbuka puasa dengan mengonsumsi banyak makanan dan dilanjutkan tidur membuat metabolisme menjadi lambat. Akibatnya, waktu sahur perut menjadi terasa kenyang dan tidak melaksanakan sahur. Jika dibiarkan, pada siang hari asam lambungpun akan naik.

Untuk mengatasinya, dr Epistel menyarankan untuk tidak melewatkan sahur. Pastikan juga hindari makanan berlemak dan konsumsi makanan berserat tinggi karena membuat kenyang lebih lama.

  1. Diare

Ternyata terlalu banyak konsusmi makanan berlemak juga bisa memicu terjadi diare saat bulan puasa nanti. Pasalnya menurut penjelasan dr Epistel, bahwa pada dasarnya lemak susah dicerna. Untuk mengatasinya, maka ada baiknya menerapkan pola makan seimbang yang sehat dan secukupnya.

  1. Kembung

Makan dan minum terlalu banyak, dijelaskan dr Epistel memicu perut menjadi kembung. Agar terhindar dari kembung, pastikan kamu mengonsumsi makanan secukupnya.  Cara mengatasi adalah dengan makan secukupnya dan pilih makanan yang tinggi serat. Makanan tinggi serat ini bisa berupa sayur, buah-buahan, beras merah, kacang-kacangan, dll.

  1. Konstipasi

Menjalankan puasa selama 14 jam membuat perut harus melakukan penyesuaian. Akibatnya, buang air besar (BAB) yang biasa dilakukan setiap hari, semenjak puasa pun mungkin akan menjadi jarang. Untuk mengatasinya, konsumsi air 6 sampai 8 gelas sehari dan konsumsi makanan tinggi sehari.

 

HAWA GIVEAWAY RAMADHAN BANNER alt 3

Yuk, ikuti Kuisnya di Aplikasi Hawa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s