Ini Perubahan Pada Vagina Setelah Kamu Melahirkan

Pada saat proses persalinan, tubuh melakukan beberapa rangkaian proses yang tentu akan menguras energi. Namun setelah selesai melalui proses persalinan, tubuh akan menyesuaikan diri atau yang disebut dengan masa pemulihan. Sahabat Hawa jangan kaget bila kemudian merasakan hal yang berbeda pada area vagina pasca melahirkan. Berikut 4 perubahan vagina setelah melahirkan.

  1. Ukuran Vagina Melebar

Bayi yang lahir dengan jalan normal tentu menjadi momen besar bagi Sahabat Hawa yang sudah menjadi ibu. Ketika proses persalinan, sang bayi akan melewati serviks kemudian vagina. Hal ini semua secara otomatis dan alamiah terjadi sehingga vagina pun akan mengalami peregangan dan melebar untuk jalan lahir bayi. Bahkan agar cepat melahirkan atau terkadang tidak sesuai antara ukuran kepala bayi dan lebar vagina, biasanya dokter kandungan mengambil tindakan seperti menggunting sedikit di area antara kulit vagina dan anus untuk mempermudah jalur keluar bayi (episiotomy). Maka jangan heran bila setelah melahirkan, ukuran vagina akan berbeda dan agak melebar meskipun sudah melalui proses jahit.

  1. Vagina Menjadi Kering

Vagina perempuan setelah melahirkan seringkali terasa kering. Hal ini kaitannya dengan hormon yang berubah dari masa kehamilan hingga pasca melahirkan. Untuk itu bagi Sahabat Hawa yang baru melahirkan, disarankan melakukan proses pemulihan sambil menikmati masa-masa bersama bayi dan pasangan. Bila Sahabat Hawa bahagia setelah proses melahirkan tentu ini juga berpengaruh pada kadar hormon pada tubuh sehingga proses pemulihan pun menjadi lebih cepat. Jangan lupa selalu konsumsi makanan sehat untuk gizi dan nutrisi bagi ibu menyusui dan si kecil.

  1. Terasa Nyeri Karena Jahitan

Perubahan vagina pasca persalinan memang akan terasa nyeri. Terutama bagi Sahabat Hawa yang melalui proses jahitan di sekitar area vagina agar cepat melahirkan. Nyeri jahitan ini biasanya akan terasa selama 6 hingga 12 minggu setelah melahirkan. Ini merupakan hal yang normal dan tetaplah tenang. Bila Sahabat Hawa pernah merasakan buang air besar yang terasa nyeri akibat jahitan pasca persalinan, konsumsi selalu air putih dan makanan tinggi serat seperti buah dan sayur untuk memperlancar buang air besar dan tidak nyeri di area jahitan dekat vagina pasca melahirkan.

  1. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Sahabat Hawa pernah mengalami nyeri saat berhubungan seksual bersama pasangan setelah melalui proses persalinan? Ini juga merupakan hal yang wajar. Ini adalah kombinasi dari vagina yang kering dan nyeri dari kulit yang merenggang saat persalinan. Kondisi ini menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual. Disarankan agar suami istri bisa saling melakukan foreplay dengan durasi agak lama atau bisa dibantu dengan cairan lubrikan demi kenyamanan saat berhubungan bersama pasangan.

Sudah siap mengalami perubahan di atas bunda?

Ikuti Kuisnyaa di Aplikasi Hawa pada halaman TIPS

Kamu wajib mengikuti 10 sesi kuis pada Aplikasi jika ingin berkesempatan memenangkan elektronik rumah tangga dari HAWA

KLIK DI SINI 

HAWA GIVEAWAY RAMADHAN BANNER alt 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s