Ini Dampaknya Jika Mengonsumsi Asam Folat Berlebih

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang mudah larut dalam air. Asam folat memiliki peran penting dalam tubuh karena sangat multifungsi khususnya dalam proses produksi DNA hingga kemampuan asam folat dalam membentuk sel darah merah. Untuk itu, asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil yang tentu bermanfaat besar pada janin atau bayi dalam kandungan. Asam folat juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen dimana dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram per hari. Namun bagaimana bila konsumsi asam folat berlebihan? Apa saja dampak buruknya bagi tubuh?

  1. Risiko Autisme Pada Janin Saat Dilahirkan

Dilaporkan melalui Centers For Disease Control and Prevention bahwa 25% wanita di Amerika dengan usia produktif mengalami kekurangan asam folat. Hal ini karena pola makan yang tidak seimbang. Itu sebabnya dokter kandungan memberi asam folat bagi ibu hamil. Namun kemudian melalui studi tersebut membuat dokter waspada akan kemungkinan potensi ibu hamil bisa kelebihan asam folat. Bila dikonsumsi berlebih, asam folat ini berkaitan dengan risiko anak mengalami autisme bahkan sampai 3x lipat.

  1. Sulit Tidur

Sulit tidur bisa saja disebabkan karena kebiasaan mengatur pola tidur saat malam hari. Namun ternyata bila kita kelebihan asam folat juga memberikan potensi sulit tidur. Seimbangkan selalu pola makan setiap hari dan waktu istirahat di waktu malam. Konsumsi asam folat juga terdapat pada biji-bijian, sayur kangkung, bayam dan lainnya. Pastikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seimbang ya, Sahabat Hawa.

insomnia

  1. Muncul Kesemutan dan Mati Rasa

Kesemutan memang kerap normal terjadi. Namun ini juga bisa menjadi indikasi bila kita kekurangan vitamin B12. Hal ini terjadi karena kelebihan asam folat mengakibatkan terhambatnya B12 bekerja dalam tubuh. Dampak jangka panjang kelebihan asam folat adalah potensi mengalami mati rasa di beberapa titik pada tubuh. Perhatikan dosis asam folat yang dikonsumsi. Bila kita sudah cukup mengkonsumsi buah sayur yang teradapat asam folat, perhatikan konsumsi suplemen asam folat agar dosis per hari tidak melebihi yang dianjurkan.

  1. Mudah Lelah & Potensi Hipertensi

Kekurangan protein, terlalu sering bergadang dan sering lembur dikantor juga bisa menyebabkan lelah. Namun bila hal diatas tidak terjadi pada keseharianmu, bisa saja Sahabat Hawa memiliki kelebihan asam folat. Bila kondisi mudah lelah, nutrisi dari makanan tidak seimbang akan membuat kinerja tubuh jadi tidak sehat. Salah satu potensi yang juga muncul akibat kelebihan asam folat yakni hipertensi (meningkatnya tekanan darah). Untuk itu seimbangkan istirahat, pola makan, olahraga dan asupan vitamin yang dikonsumsi harian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s