Catat! Ini Pentingnya Melakukan Tes Pap Smear

Seperti sahabat Hawa ketahui, tujuan dilakukan papsmear adalah untuk mendeteksi adanya kemungkinan potensi kanker di vagina dan kanker serviks. Serviks merupakan bagian paling bawah rahim yang menghubungkan rahim dengan vagina. Pemeriksaan serviks dilakukan dengan cara mengambil sampel dengan cara usapan pada area serviks. Usapan yang berisi sel serviks ini kemudian diperiksa di mikroskop dan dapat disimpulkan dalam waktu kurang lebih 1-2 minggu. Lalu apa saja manfaat bila kita melakukan papsmear?

  1. Mendeteksi Dysplasia

Papsmear merupakan cara terbaik mendeteksi tumor yang berubah menjadi kanker serviks. Melalui papsmear, dapat membantu mendeteksi dysplasia. Dysplasia sering kali merupakan awal mula dari pertumbuhan kanker dan ini tentu dapat dilakukan deteksi melalui tes papsmear. Bila dari awal kita lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi, tentu hal-hal seperti kanker dan tumor juga akan lebih mudah dikenali di awal dan akan lebih cepat langkah penanganan yang tepat. Bila tes papsmear telah keluar hasilnya, maka dokter bisa lebih cepat mengambil langkah tepat untuk mencegah sel sebelum berkembang dan berubah menjadi sel yang berbahaya.

  1. Mendeteksi Penyakit Menular Seksual

Meski tidak terjadi dalam setiap kasus, namun papsmear ini sangat berguna untuk mengetahui dan mendeteksi penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan infeksi. Untuk itu tetaplah setia pada pasangan agar terhindar dari penyakit menular seksual. Melakukan papsmear kemudian mengetahui hasilnya akan dapat membantu mengatasi penyakit dan infeksi dengan lebih cepat dan tepat.

  1. Mendeteksi Radang

Radang pada area kewanitaan dan reproduksi memang merupakan hal yang sering terjadi. Namun tak perlu khawatir dengan radang ini bila dikategorikan tidak berbahaya oleh dokter. Namun bila radang dikatakan berbahaya, tentu bisa mengarah pada infeksi saluran genital. Biasanya tidak cukup hanya 1 kali melakukan tes papsmear. Radang yang didiagnosa sering muncul tentu akan membutuhkan pemeriksaan lebih mendalam atau berlanjut untuk memastikan hingga semua kembali dalam kondisi normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s