Wah, Ini Mitos Kehamilan Diberbagai Penjuru Dunia

 Sahabat Hawa yang sudah menjadi ibu atau sedang hamil pasti seringkali mendengar mitos kehamilan. Misalnya dilarang makan sushi mentah saat hamil, dilarang mandi menjelang malam, hingga dilarang mengalungkan handuk di area leher karena khawatir bayi akan lahir terlilit tali pusar. Mitos ini banyak sekali berkembang di Indonesia. Sebagian ada yang percaya dan tidak. Lalu bagaimana dengan mitos kehamilan di berbagai belahan dunia?
 
1. India
 
Kepercayaan masyarakat India akan adanya roh jahat nampaknya masih cukup kental. Untuk menangkal rasa khawatir akan roh jahat tersebut, para wanita India yang tengah hamil mencoba membakar cabai merah dan kapur barus. Bahkan jika ada gerhana datang, ibu hamil juga dilarang beraktifitas diluar rumah. Bila melanggar bayi akan lahir tidak sempurna di anggota tubuhnya. Meski seringkali disebut hanya mitos kehamilan saja, namun masih ada beberapa wanita India yang mempercayai ini.
 
2. Meksiko
 
Untuk mitos kehamilan di Meksiko juga tidak kalah unik. Ternyata ibu hamil di Meksiko percaya bahwa ngidam harus segera dituruti. Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia kan? Namun di Meksiko memiliki kepercayaan bila ngidam ibu hamil tidak dituruti, kelak anak yang lahir mempunyai tanda lahir menyerupai bentuk makanan yang diinginkannya. Wah ini lucu ya!
 
3. Mongolia
Mitos kehamilan di Mongolia juga tak kalah unik. Bila terdapat dua orang wanita tengah hamil dilarang untuk saling bersentuhan. Ternyata menurut kepercayaan mereka, hal ini disebabkan oleh kekhawatiran bila kelak bayi lahir akan tertukar jenis kelaminnya. Meskipun ini sesuatu yang aneh namun beberapa ibu hamil di Mongolia percaya akan ini lho.
4. Panama
Ibu hamil di Panama akan menutup informasi mengenai perkembangan kehamilannya pada orang lain. Bahkah ibu hamil di Panama selalu waspada dengan orang disekitarnya karena khawatir ada orang yang menaruh dendam. Bahkan mitos kehamilan tak hanya sampai disitu, setelah kemudian bayi lahir sang ibu akan memberikan pakaian berwarna merah dari kepala hingga kaki karena dipercaya mampu menangkal roh jahat dan iblis.
5. Guatemala
Sahabat Hawa pasti tau kan di Guatemala terdapat keturunan suku maya? Bagi keturunan suku maya, para ibu hamil tidak diberikan izin keluar rumah hingga waktunya melahirkan. Artinya mereka akan berada terus di dalam rumah hingga Sembilan bulan. Ternyata kepercayaan ini untuk menghindari ibu hamil dari tertular penyakit, terkena roh-roh jahat bahkan menghindari dari niat buruk orang disekitarnya.
 
6. Israel
Di wilayah Israel tepatnya masyarakat Yahudi Ortodok melarang pemberian kado sebelum anak dilahirkan. Karena ini dipercaya bisa menarik perhatian roh jahat. Larangan memberi dan mengucapkan selamat saat bayi baru lahir juga bisa mengundang roh jahat menurut mereka. Hmmm unik juga ya.
 
7. Nigeria
Nigeria ternyata masih menyimpan mitos kehamilan yang tak kalah unik. Banyak diantara ibu hamil yang yakin bahwa kelamin istrinya hanya boleh disentuh oleh suaminya termasuk dalam hal ini tidak boleh disentuh oleh bidan saat melahirkan! Jadi untuk proses persalinan, bidan biasanya memberi minuman herbal dari dedaunan kemudian juga mengoleskan daun diatas perut ibu saat melahirkan tentunya tanpa menyentuh kemaluannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s