Boleh Nggak Minum Obat Penambah Darah Saat Haid?

Sahabat Hawa pasti pernah merasa lemah, letih, dan lesu saat sedang menstruasi kan? Kadang ini menjadi pertanyaan apakah saya anemia? Lalu saat darah haid sedang deras-derasnya namun kondisi tubuh terasa lemas apakah boleh kita mengkonsumsi obat penambah darah? Berikut penjelasannya.
 
1. Obat Penambah Darah 
 
Mengatahui bahwa obat penambah darah adalah golongan suplemen atau multivitamin sehingga sah saja bahwa asupan zat besi ini diperlukan bagi setiap orang. Untuk itu, obat penambah darah sah saja bila dikonsumsi Sahabat Hawa ketika darah haid sedang derasnya. Sebenarnya asupan zat besi sebagai penambah darah juga terdapat pada makanan sehari-hari kita misalnya ikan, daging, kuning telur, kacang, hati ayam, sayuran dengan daun hijau sampai buah kering.
 

 
2. Perhatikan Dosis 
 
Dilansir alodokter, dr Jati Satriyo mengatakan bahwa penting memperhatikan dosis suplemen penambah darah. Dosis yang diajurkan yaitu sehari cukup satu kali sebagai langkah pencegahan. Namun bila Sahabat Hawa melakukan tes darah dan dinyatakan anemia saat kondisi darah haid sedang banyak-banyaknya, mengkonsumsi 3x dalam sehari untuk tujuan terapi bisa saja. Karena ini sudah tergolong seseorang tengah menderita anemia. Konsultasi selalu dengan dokter bila dirasa tubuh selalu lemas dan lesu saat haid tiba dan mengganggu. Bisa saja kan hal tersebut gejala anemia?! 
 
3. Perhatikan Cara Minum 
 
Mengkonsumsi suplemen, obat, lainnya tentu harus memperhatikan cara minum. Misalnya takaran dan dosis hingga cara meminumnya dengan benar. Hindari minum suplemen penambah darah dengan menggunakan susu, the, bahkan kopi. Minuman tersebut perlu dihindari agar tidak menghambat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Tetap gunakan air mineral agar suplemen zat besi dapat diserap optimal.
 

 
4. Pilih Makanan Kaya Zat Besi Saat Haid
 
Konsumsi makanan yang kaya zat besi juga dapat dijadikan solusi untuk penambah darah. Makanan yang tinggi zat besi untuk tubuh tentu harus dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat. Pilih daging merah, bayam, sayur kale, kuning telur, hingga buah kering sebagai pilihan kudapan di masa haid. Hal ini bisa menjaga kondisi tubuh tetap seimbang dan terhindari dari lelah, letih, dan lesu yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s