Tips Puasa Lancar Bagi Si Penderita Darah Rendah

Tidak semua umat muslim mampu menjalankan puasa dengan lancar, sebagian orang terkendala dengan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah rendah. Keluhan muncul bagi penderita tekanan darah rendah saat berpuasa, seperti pusing dan pandangan berkunang-kunang. Hal tersebut biasanya disebabkan karena minimnya  umlah konsumsi cairan dan garam ke dalam tubuh saat sedang berpuasa. Lalu, Bagaimana cara menghadapi masalah tekanan darah rendah tanpa perlu membatalkan puasa?

  1. Periksakan kondisi kesehatan

Sebelum berpuasa, sebaiknya penderita darah rendah menjalani pemeriksaan kesehatan selama satu atau dua bulan.  Pemeriksaan dapat meliputi cek tekanan darah, sehingga memudahkan pemantauan dan pengambilan keputusan ketika terjadi sesuatu. Apabila disarankan dokter untuk menjalankan pengobatan, segera lakukan penyesuaian pengobatan selama puasa.

  1. Perhatikan Jenis Makanan

Untuk menu makan sahur, dianjurkan mengonsumsi makanan yang memiliki sifat lebih lama diserap tubuh, seperti beras, roti, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Khusus penderita darah rendah, kacang-kacangan baik bagi tubuh karena dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik. Jadi, konsumsilah buncis, kacang merah, kacang polong dan kacang hijau ke dalam menu makanan sahur dan makan malam setelah berbuka puasa.

 

eating-salad-healthy-food-people_1303-1564

  1. Sahur dan Buka Puasa Tepat Waktu

Usahakan makan dan minum pada waktu sahur dan berbuka tepat waktu.  Minum air putih 6-8 gelas per hari memacu pergerakan sirkulasi cairan dalam tubuh.  Air menjadi sangat penting untuk menormalisir tekanan darah.

  1. Lakukan Latihan Fisik dan Olahraga

Tidak harus olahraga berat, cukup jalan santai atau jogging di pagi hari akan efektif untuk meringankan gejala tekanan darah rendah. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk menstabilkan tekanan darah sehingga keluhan tekanan darah rendah dapat diatasi.

olahraga

  1. Lakukan Gerakan Secara Perlahan

Bagi penderita darah rendah dianjurkan untuk tidak melakukan gerakan yang sifatnya tiba-tiba ya. Pasalnya penderita tekanan darah rendah tidak boleh sekonyong-konyong berdiri setelah duduk atau berjalan terburu-buru setelah lama duduk.

Tekanan darah rendah bisa tidak menjadi penghalang puasa asalkan disertai gaya hidup sehat. Kenali penyebab tekanan darah rendah kemudian lakukan tips-tips kesehatan di atas, dan niscaya tekanan darahpun akan terjaga dengan baik serta puasa jadi berkah.

 

 

Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s