Ini 5 Gejala Umum Ibu Hamil, Namun Mengkhawatirkan

Adanya janin dalam kandungan akan membuat seorang wanita merasakan banyak perubahan, seperti bentuk tubuh dan hormonal. Nah, inilah deretan hal yang akan dirasakan wanita hamil yang walaupun normal namun kerap menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Apa saja?

 

Photo Header (18 Mei 2018)

  1. Kram

Kram yang terasa mirip dengan kram saat menstruasi mungkin akan membuat takut, namun nyatanya hal ini adalah hal yang normal. Kram biasanya akan terjadi dalam 3 bulan pertama periode kehamilan yang terjadi karena beragam faktor, misalnya akumulasi cairan dalam rahim dan berat janin semakin bertambah.

Hal ini adalah normal, namun waspadai jika kram hanya terjadi pada satu sisi tubuh saja atau kram terjadi disertai pendarahan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

  1. Masalah kulit

Selain bentuk tubuh, ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan kulit seperti eksim saat trimester pertama kehamilan. Kulit juga terasa gatal, dan biasanya akan menghilang dalam beberapa bulan setelah bayi lahir karena krim yang diberikan dokter. Namun, jika gatal berlangsung sangat parah dan terjadi di seluruh tubuh maka segera hubungi dokter karena bisa mengindikasikan cholestasis obstetrik.

  1. Kontraksi

Terjadinya kontraksi merupakan hal yang normal, menandakan persalinan akan segera tiba. Umumnya, gejala ini akan bermula setelah kehamilan berusia 28 minggu hingga menjelang hari persalinan. Untuk mengatasinya, Moms bisa berlatih pernapasan ritmis serta rutin berjalan santai agar kehamilan terasa nyaman. Namun, jangan segan menghubungi dokter jika kontraksi terjadi secara berkala.

  1. Vena berbentuk jarring

Gejala ini juga biasanya akan dialami oleh ibu hamil, dan bisa muncul di anggota tubuh mana saja terutama bagian wajah. Ini terjadi karena ibu hamil memiliki lebih banyak darah yang melaju melalui pembuluh darah., dan jika tekanan meningkat maka dapat menyebabkan pecahnya kapiler darah. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan menghindari suhu ekstrim, karena terlalu banyak terpapar panas atau dingin dapat membuat kondisi ini memburuk.

  1. Puting berdarah

Moms mungkin akan panik ketika mendapati putting payudara mengeluarkan darah selama kehamilan. Jangan khawatir, karena hal ini menandakan kelenjar susu di payudara telah matang dan sudah siap untuk menyusui ketika bayi lahir. Peningkatan aktivitas ini dapat menyebabkan puting payudara mengalami kebocoran cairan yang jernih, pra-susu dan juga darah. Yakinlah, hal ini hanya menunjukkan bahwa tubuh siap untuk menyehatkan bayi ketika saatnya tiba.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s