Jangan Dipaksa, Ini Waktu yang Tepat Anak Belajar Puasa

Puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan umat islam apabila ia sudah dewasa atau baligh. Namun banyak orangtua yang sudah mengajari anaknya untuk berpuasa sejak kecil, agar ia mulai terbiasa hingga besar nanti. Sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mengajari anak berpuasa? Cari tahu di sini yuk, bun!
 
Untuk menilai anak kamu sudah mampu menjalankan ibadah puasa atau tidak, kamu harus mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak sekarang. Apakah Si kecil memiliki berat badan yang normal atau tidak? Bagaimana perkembangan anak, apakah sama seperti perkembangan teman sebayanya?
 
Jika anak kamumemiliki pertumbuhan dan perkembangan yang normal, meminta anak untuk menjalankan ibadah puasa sepertinya tidak menjadi masalah. Namun, jika anak bundamemiliki berat badan yang kurang dari standar atau terlihat sangat kurus, sebaiknya jangan memaksa anak untuk berpuasa ya bunda. 
 
Hal ini karena Si kecil sangat membutuhkan zat gizi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya yang cepat bila dibandingkan dengan orang dewasa. Pada usia ini, anak melewati berbagai tahap pertumbuhan dan perkembangan. Jika asupan anak berkurang pada masa ini, mungkin saja pertumbuhan dan perkembangannya dapat terganggu. 
 
Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi pada anak yang sedang berpuasa, sebaiknya pastikan Si ekcil diberikan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Karbohidrat kompleks membantu anak tidak cepat merasa lapar karena karbohidrat tersebut melepaskan energi secara perlahan. Sedangkan protein dibutuhkan anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sebaiknya makanan untuk anak saat sahur adalah telur, keju, roti gandum, dan sayuran. Jangan lupa untuk tambahkan buah dan sayuran dalam menu berbuka dan sahur sebagai sumber vitamin dan mineral.
 
 
Sumber: Hellosehat
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s