Ngidam Es Batu Saat Hamil, Apakah Normal?

Mengidam adalah kondisi normal yang dialami setiap perempuan dalam masa kehamilan, keinginannya pun beragam. Ada yang mendambakan makanan pedas, makanan manis dan yang paling umum adalah keinginan menggebu akan buah bercita rasa asam. Ada juga keinginan aneh wanita hamil, misalnya ingin mengonsumsi es batu.

Jangan heran, ternyata ada beragam alasan yang membuat seorang wanita menginginkan es batu di masa kehamilannya. Dilansi dari boldsky.com, berikut penjelasan ilmiahnya.

  1. Membantu meredakan mual di pagi hari

Saat hamil, merupakan hal yang lumrah bagi Moms mengalami morning sickess yang seringkali menyiksa. Gejalanya termasuk mual, muntah, pusing dan masih banyak lagi yang bisa datang kapan saja bahkan sepanjang hari. Nyatanya, hal ini bisa diredakan dengan mengudap es batu yang bisa membuat Moms dengan morning sickness bisa membaik. Penelitian menunjukkan, es batu yang tak memiliki rasa dan bau menjadi penyebab akan hal ini.

  1. Meredakan sakit maag

Selama periode kehamilan, tubuh melepaskan hormon progesterone yang bertanggung jawab merilekskan otot rahim dan plasenta. Namun, di sisi lain hormon ini juga berperan melemaskan otot lambung yang pada gilirannya mengeluarkan asam lambung sehingga menyebabkan sakit maag. Makan es dapat membantu mendinginkan perut dan meredakan luka pada jantung.

  1. Menyingkirkan panas

Seorang wanita hamil akan dihadapkan dengan peningkatan volume darah yang diterjemahkan oleh tubuh menjadi lebih panas dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan tubuh Moms merasa sangat panas atau mengalami hot flash saat hamil, sehingga es batu akan memberikan efek menenangkan. Namun demikian, sebaiknya tidak mengonsumsi es dengan minuman bersoda atau mengandung gula demi menjaga janin tetap sehat.

  1. Sindrom pica

Ada suatu kondisi lain, dimana keinginan mengonsumsi es disebabkan oleh sindrom pica yaitu gangguan ketika seseorang sangat membutuhkan dan ingin mengonsumsi hal-hal yang tidak dapat dimakan atau tidak memiliki nilai kalori atau nutrisi. Hal-hal paling umum yang didambakan ketika menderita sindrom pica selama kehamilan termasuk es batu. Jika mengalami kondisi hingga fase ini jangan ragu berbicara dengan dokter karena dikhawatirkan akan mengganggu pola makan sehat selama hamil.

  1. Mengunyah es dapat membantu mengalahkan stres

Saat hamil, merupakan kondisi yang wajar jika mengalami stres dan kecemasan berlebih sehingga dengan makan es dapat memberikan efek tenang serta mengurangi stres. Selain itu, minum banyak air dan mengonsumsi es akan menjaga tubuh tetap terhidrasi karena efek segar yang ditimbulkan dalam tubuh.

Untuk informasi lengkap tentang masa prakehamilan dan kehamilan, kunjungi situs Nakita.id 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s