Tips Tetap Segar Untuk Ibu Hamil Saat Berpuasa

Banyak yang bertanya apakah aman menjalankan ibadah puasa saat sedang hamil? Jawabannya adalah tergantung dari usia kandungan dan kesehatan ibu dan janin sehari-hari. Usia kandungan menjadi indikator apakah ibu yang hamil siap berpuasa. Bila ibu hamil berada di trimester awal kehamilan kemudian mengalami morning sickness, tentu dianjurkan tidak berpuasa dan tetap mengganti puasa setelah bulan ramadan. Puasa sedang hamil juga bisa dilihat dari riwayat ibu dan janin. Misalnya saat bayi dikandungan memiliki berat badan rendah tentu akan berisiko saat menjelang kelahiran. Lalu bagaimana tipsnya agar ibu hamil tetap segar di bulan puasa?

  1. Konsumsi Nutrisi Seimbang

Ketika puasa sedang hamil, para calon ibu pasti akan semangat melakukan keduanya. Bahagia menyambut si kecil dan tentu bahagia memasuki bulan Ramadan. Tak jarang calon ibu semangat memperhatikan janin dengan cara mempersiapkan nutrisi pentingnya. Konsumsi karbohidrat, protein seperti susu, tahu, tempe, ikan, hingga buah-buahan dan suplemen vitamin asam folat baik bagi pembentukan janin. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi cairan yang cukup agar tubuh ibu hamil tetap stabil dan segar meski berpuasa.

  1. Hindari Stres & Bekerja Teralu Berat

Hormon kortisol merupakan hormon penyebab stres. Untuk itu melakukan manajemen stres sangat penting bagi ibu hamil. Tetap tenang dan buatlah sesuatu menjadi lebih mudah. Jangan malu dan sungkan menerima bantuan dari orang lain disekitar. Hal ini juga meringankan pekerjaan agar tidak terlalu berat. Dengan begitu, puasa sedang hamil pun jadi tak terasa.

  1. Pilih Tempat Sejuk

Selama berpuasa semua orang rentan mengalami dehidrasi. Termasuk juga ibu hamil yang berpuasa. Dehidrasi ini sangat berbahaya bagi ibu hamil. Cari dan pilihlah tempat sejuk yang bisa membuat ibu hamil merasa nyaman. Apalagi bila Sahabat Hawa tengah hamil di trimester ketiga dimana tubuh semakin berat, perut membesar dan terasa mudah gerah.

  1. Hubungi Dokter Bila….

Bila puasa saat sedang hamil dan Sahabat Hawa merasa lemas, pusing, mual, terasa sangat lelah, urine berwarna gelap dan berbau ini pertanda ibu hamil dehidrasi. Bila sudah deshidrasi batalkan puasa. Namun bila sudah minum cairan namun pergerakan janin tidak aktif seperti biasa dan merasakan nyeri seperti kontraksi, segeralah hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s