Unik! Ini Bedanya Tradisi Lebaran di Indonesia dengan Negara Lain

Di Indonesia lebaran selalu identik dengan bersilaturahmi ke sanak saudara, baju baru, ketupat opor ayam dan juga bagi-bagi uang. Namun tradisi lebaran di beberapa negara memiliki kebiasaan yang berbeda. Penasaran seperti apa? 
 
1. Arab Saudi
Jika di Indonesia lebaran identik dengan berbagai makanan lezat, beda halnya di Riyadh, Arab, Saudi, jika lebaran tiba maka suasana di negara tersebut akan kental dengan acara kesenian. Sejumlah pagelaran akan diadakan, mulai dari teater, baca puisi, pertunjukan musik hingga parade.
 
2. China
Tradisi di China saat menyambut hari lebaran adalah mengunjungi makam leluhurnya. Bahkan tradisi tersebut dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing. Saat hari lebaran,  para pria akan mengenakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita akan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.
 

 
3. Turki
Satu yang unik yang tidak pernah absen jika lebaran di Turki adalah festival gula atau seker bayram. Seker bayram sendiri merupakan sebutan lain untuk hari raya idul fitri. Di hari itu, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.
 
4. India
Keberadaan penduduk muslim di India terbilang cukup banyak. Biasanya mereka akan merayakan lebaran di New Delhi. Ibu kota dari India tersebut memang menjadi pusat perayaan lebaran. Hidangan yang tidak pernah absen saat lebaran di India adalah siwaiyaan, yaitu makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu.
 

 
5. Suriname
 
Tradisi lebaran di negara ini bisa dibilang sangat unik karena penetapan hari Lebaran dilakukan berdasarkan perhitungan mereka sendiri dengan menggunakan prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu. 
 
 
 
 
 
Sumber: Brilio

Satu pemikiran pada “Unik! Ini Bedanya Tradisi Lebaran di Indonesia dengan Negara Lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s